Home Bisnis Kerajinan Rekal, Usaha Kreatif ditengah Pandemi

Kerajinan Rekal, Usaha Kreatif ditengah Pandemi

166
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun

PEKANBARU, (BERITASATOE.COM) – Dampak Pandemi Covid-19 terhadap dunia usaha dan perekonomian masyarakat sangat nyata dirasakan. Wabah pandemi yang entah kapan akan berakhir ini, menuntut dunia usaha baik itu skala besar dan UMKM harus memutar otak agar usahanya tetap bisa berjalan ditengah wabah pandemi covid-19.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Azwar warga Pekanbaru Kelurahan Palas Kecamatan Rumbai, Kota Pekanabru – Riau yang menggeluti usaha sebagai pengrajin Rekal (Meja Al-Qur’an).

Keterangan: Hasil kerajinan Rekal yang berbahan dasar kayu pinus (photo/aries)

Saat ditemui dirumahnya yang sekaligus menjadi tempat lokasi pembuatan Rekal, Azwar mengatakan bahwa dirinya menggeluti pekerjaan sebagai pembuat meja tempat Al Qur’an (Rekal) tersebut, awalnya karena mendapat pesanan dari tetangga.

Bermula dari situlah menurut Azwar, pesanan kerajinan rekal mulai mengalami peningkatan. Sehingga dirinya memutuskan untuk mulai fokus menekuni menjadi pengrajin Rekal.

“Awalnya ada tetangga yang pesan, lama-lama pesanan Rekal buatan kami bertambah, hingga saya memutuskan untuk fokus pada kegiatan pembuatan kerajinan Rekal ini,” ungkap Azwar kepada media ini, Selasa (20/10).

Bahkan menurut Azwar memasuki bulan Oktober permintaan rekal buatan kami semakin meningkat dari hari ke hari, “kami dalam sehari bisa membuat 10 sampai 15 buah,” tuturnya Untuk memproduksi kerajinan ini, pria yang beralamat di kota pekanbaru kelurahan palas kecamatan rumbai ini, menggunakan kayu pinus sebagai bahan baku.

Kayu Pinus dijadikan bahan baku pembuatan karena dianggap lebih tahan lama dan mempuyai motif. ” Selama ini kayu pinus sangat baik dan tahan lama dibanding kayu lain, apalagi dari segi harga, kayu pinus masih tergolong murah,” kata Azwar.

Selain murah kayu pinus juga masih sangat mudah dicari serta pengerjaannya relatif mudah, tukasnya.

 

Reporter : Aries

Leave a Reply