Home Daerah Forum Jurnalis Tanjungsari Akan Laporkan Oknum Bendahara Desa Yang diduga Hina Profesi...

Forum Jurnalis Tanjungsari Akan Laporkan Oknum Bendahara Desa Yang diduga Hina Profesi Wartawan

332
0

SUMEDANG, (Beritasatoe.com) – Forum Wartawan Tanjungsari berencana melaporkan oknum Bendahara Desa Kutamandiri, Tanjungsari Sumedang, Nenden Septiani dengan tuduhan penghinaan atau pelecehan terhadap profesi wartawan, ke Polres Sumedang, Sabtu (24/10).

Bukti Upload Gambar dan tulisan Nenden Septiani di akun media sosialnya diduga kuat mengandung unsur penghinaan pada profesi jurnalis secara umum.

Menurut IN, EI & KN juga YK (Wartawan), bait-bait tulisan yang diduga menghina profesi Wartawan yang ditulis Nenden Septiani, walau di Upload di Cerita FB dan tidak menyebutkan nama, hal itu jelas merupakan bentuk penghinaan profesi yang sengaja dilakukan, dan bersifat umum agar diketahui orang banyak.

Saat Tim Media bertanya pada Konsultan Hukum,, Direktur eksekutif LBH KSN – KPK JABAR, Yulisman SH, diperoleh penjelasan secara analisa hukum menurut Beliau.

“Menurut Pasal 27 ayat (3) UU ITE, dengan merujuk Pasal 310 ayat (1) KUHP, pencemaran nama baik diartikan sebagai, perbuatan menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu, hal yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum” jelas Yulisman SH

“Kalau ada yg merasa dicemarkan, atau merasa kehormatannya yang diserang, maka silahkan aja LP kan ke Kepolisian” imbuhnya.

“Ancaman pidana bagi orang yang melanggar Pasal 27 ayat (3) UU ITE ini, diatur dalam¬†Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016,

Dengan ancaman hukuman 4 tahun” papar Yulisman SH pada Tim Media.

Atas penjelasan hukum tersebut, forum wartawan tanjungsari menganggap, apa yang dilakukan Nenden Septiani ini, apalagi sebagai perangkat desa, sedikit banyaknya agar jera, untuk tidak melakukan sesuatu yang mencemarkan orang lain, meskipun disamarkan, makanya siap untuk dilaporkan.

 

Reporter : Ydk/Tim Lipsus Biro Sumedang

Leave a Reply