Home Daerah Forkompinda Kota Pekanbaru Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana

Forkompinda Kota Pekanbaru Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana

55
0

PEKANBARU, (BERITASATOE.COM) – Dalam rangka siaga bencana banjir, angin puting beliung,dan tanah longsor, Waili kota pekanbaru Firdaus ST.MT bersama sama dengan unsur Polres kota pekanbaru,Kodim pekanbaru, BPBD, Pol PP, Damkar melaksanakan apel gelar pasukan siaga bencana yang dilaksanakan di lapangan Sepakbola Kharudidin nasution Rumbai, Kamis (05/11/2020).

Wali kota pekanbaru Firdau ST.MT, Dalam sambutannya yang dibaca oleh Wali kota pekanbaru mengatakan sebagaimana kita ketahui, bencana alam terkadang datangnya secara tiba-tiba, namun demikian kita harus tetap berupaya untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana alam atau biasa disebut Mitigasi bencana alam.

Salah satu tugas yang tercantum dalam UU RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI dan Damkar TNI AD “” adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Keterangan photo : Walikota Pekanbaru didampingi Kapolresta Dan Dandim  usai kegiaan apel pasukan siaga bencana, Kamis (05/11)

Oleh karena itu, Wali kota pekanbaru Gelar Apel Pasukan dalam rangka Siaga Tanggap Bencana di Wilayah Kota pekanbaru, dengan tujuan untuk melihat dan mengecek sejauh mana kesiapan personil, materiil, alutista, sarana prasarana maupun semua pihak terkait dalam rangka menanggulangi bencana alam di wilayah kota pekanbaru serta untuk melihat apakah masih ada kekurangan yang tentunya perlu kita sempurnakan bersama guna keberhasilan tugas, selain itu untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di Kota pekanbar, khususnya dan pemerintah kota pada umumnya guna memiliki kemampuan dan kecepatan bertindak dalam mengatasi setiap perkembangan situasi yang terjadi.

Dengan kegiatan gelar pasukan ini diharapkan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam Kota pekanbaru,maupun satuan penanggulangan bencana yang lain baik dari TNI, Polri, Pemda dan organisasi peduli bencana akan mampu bergerak cepat, tepat dan efisien jika sewaktu -waktu terjadi bencana alam di wilayah kota pekanbaru,

Oleh karena itu setiap personil yang tergabung dalam pasukan siaga, agar setiap saat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim dan perubahan alam yang terjadi, terutama terhadap wilayah rawan bencana di daerah masing-masing.

Melaksanakan monitoring, deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat, dan selalu siap digerakkan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam. imbuhan wali kota pekanbaru k pada awak media. (Ariez)

Leave a Reply