Home Daerah Musim Penghujan, Pemprov Riau Siaga Bencana Alam

Musim Penghujan, Pemprov Riau Siaga Bencana Alam

72
0

PEKANBARU, (Beritasatoe.com) – Menghadapi musim hujan yang bakal berkepanjangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar apel bersama siaga bencana alam di wilayah Riau di halaman kantor Gubernur Riau, Senin (9/11/2020).

Apel siaga tersebut melibatkan personel gabungan TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Sar, Dinas Kesehatan dan relawan. Total ada sebanyak 1.400 personel gabungan yang dilibatkan untuk penanganan bencana alam di Riau, seperti banjir, longsor, angin puting beliung dan lainnya.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, apel siaga bencana alam ini dilakukan mengingat saat ini di Indonesia masuk musim hujan, khusus nya pekanbaru termasuk di Riau beberapa hari ini tingkat curah hujan cukup tinggi, sehingga kekhawatirkan akan terjadi banjir, kata Gubernur.

“Biasanya kalau sudah musim hujan akan terjadi banjir dan longsor. Kita tahu beberapa daerah di Riau terjadi kebanjiran, termasuk Kota Pekanbaru,” kata Syamsuar kepada awak media beritasatoe.

Menurutnya, beberapa daerah yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan yakni, sekitar sungai Kampar, seperti Kabupaten Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu.

“Termasuk daerah lain yang beberapa sport terjadi kebanjiran. Seperti Kuansing, yang saat ini lagi di landa banjir, dan lainnya,” terangnya.

lanjutnya mengatakan, karena kondisi saat ini pandemi Covid-19, maka pemerintah daerah harus siap sedia melakukan evakuasi warga jika sewaktu terjadi banjir.

“Jadi nanti tempat pengungsian harus diantisipasi sebab pandemi Covid-19, sehingga sempatnya dapat disiapkan dengan menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyebutkan, sebanyak 1.400 personel yang dilibatkan untuk mengatasi penanggulangan bencana tahun 2020 di Provinsi Riau.

“1.400 personil kita siapkan untuk menghadapi ancaman bencana. Ini adalah kolaborasi semuanya, dari pemerintah provinsi, kabupaten, TNI Polri termasuk masyarakat serta beberapa perusahaan-perusahaan yang menyiapkan untuk menghadapi bencana ini,” katanya. Di sela sela setelah siap apel. (Ariez)

Leave a Reply