Home Bogor Raya Jaling ditebingan Longsor, Pemdes Palasari Cuek

Jaling ditebingan Longsor, Pemdes Palasari Cuek

138
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun

CIJERUK, (Beritasatoe.com) – Jalan lingkungan yang berada pada tebingan di Kampung Pasir Erih RT 02 RW 07, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Senin (09/11/2020) longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kontur tanah yang labil dan rawan longsor susulan menimbulkan kekhawatiran dikalangan warga setempat, yang rumahnya berada persis dibawah tebingan yang longsor.

Menurut Belong, warga setempat, longsor terjadi sekitar pukul 20.00 wib, saat hujan yang cukup deras mengguyur. Warga dikejutkan dengan suara gemuruh longsoran tanah yang hampir menimbun rumah warga serta nyaris memutuskan akses jalan.

“Longsor terjadi tiba – tiba. Karena tebingan itu tidak ada turap beton penahan tanah. Padahal anggaran di desa kan ada. Pengajuan sudah warga ajukan beberapa kali, tapi sampai bencana terjadi tidak ada tealisasinya”, bebernya.

Menurut warga lainya, paska bencana, warga melaporkan kejadian kepada pengurus RT setempat bahkan sempat meminta karung untuk membuat bentengan darurat sementara. Tapi tidak direspon.

“Tidak ada satupun aparat desa yang meninjau ke lokasi. Laporan kami juga tidak dianggap samasekali”, ungkap warga lainya.

Sebagai upaya antisipasi longsor sususulan, akhirnya warga setempat bahu membahu bergotong royong secara swadaya mandiri menangani tebingan yang longsor, tanpa mengandalkan bantuan dari pemerintqh desa yang terkesan tak peduli dengan kondisi yang dialami warganya.

 

 

Reporter : egy

Editor : san

Leave a Reply