Home Bogor Raya Memprihatinkan, Kondisi Makam Pahlawan Asal Rumpin Butuh Perhatian Pemerintah

Memprihatinkan, Kondisi Makam Pahlawan Asal Rumpin Butuh Perhatian Pemerintah

32
0

RUMPIN — Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November, telah menjadi sebuah peringatan berskala nasional yang dilakukan hampir di seluruh pelosok negeri guna menghormati jasa para pejuang bangsa ini. Tak terkecuali di wilayah Kecamatan Rumpin, yang memiliki banyak pejuang kemerdekaan.

Dari keterangan berbagai sumber, salah satu nama pejuang adalah Rumpin adalah Prajurit Dua (Prada) Samlawi. Pemuda asal Kampung Pano’ongan Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin ini, gugur dalam perjuangan membela tanah air sekitar tahun 1948, tepatnya di Kampung Sentuk, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor.

Ket. Foto :
Guna mengenang jasa pahlawan sekaligus merawat dan menjaga warisan semangat perjuangan, komunitas SWR melakukan ziarah ke makam Prada Samlawi, seorang pejuang kemerdekaan asli Rumpin

“Sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan dari perjuangan beliau, Pemkab Bogor telah mengabadikan nama Prada Samlawi sebagai nama jalan utama di Kecamatan Rumpin, tepatnya ruas jalan antara Desa Kampung Sawah dan Desa Rumpin,” ungkap Mulya Diva, selaku Ketua Silaturahmi Warga Rumpin (SWR), Senin (9/11/2020).

Ia menambahkan, guna mengenang jasa pahlawan sekaligus merawat dan menjaga warisan semangat perjuangan, komunitas SWR telah melakukan ziarah ke makam Prada Samlawi beberapa waktu lalu. Diungkapkan Mulya Diva, melihat kondisi makam Prada Samlawi saat ini, sangat memprihatinkan sekali. “Perlu perhatian dari semua pihak dan sebaiknya segera dilakukan perbaikan makam. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang yang telah gugur membela tanah air Indonesia.” Pungkasnya. (San/rie)

Leave a Reply