Home Bogor Raya Peringati Hari Pahlawan, Bima Arya; Pahlawan Tidak Berhenti Pada Masa Penjajahan

Peringati Hari Pahlawan, Bima Arya; Pahlawan Tidak Berhenti Pada Masa Penjajahan

53
0

KOTA BOGOR, (Beritasatoe.com) – Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan di tengah kondisi yang dihadapi saat ini dibutuhkan sosok pahlawan-pahlawan pemersatu dan pahlawan pemberi solusi.

“Pahlawan itu tidak berhenti pada masa penjajahan,” kata Bima Arya usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Kota Bogor di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Jalan Pahlawan, Bogor Selatan, Selasa (10/11).

Bima Arya menambahkan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda, dirinya melihat banyak potensi-potensi pahlawan kekinian, khususnya pahlawan di bidang kesehatan maupun pahlawan di bidang lainnya yang ada di masyarakat, yang berjuang bertaruh nyawa.

Selain hal tersebut, tidak lupa Bima Arya mengingatkan adanya ancaman yang saat ini tengah dihadapi. Menurutnya, setidaknya ada dua ancaman nyata yang dihadapi bangsa Indonesia, ancaman perpecahan dan ancaman kehancuran akibat pandemi Covid-19.

“Ancaman yang ada saat ini nyata, yakni ancaman perpecahan dan ancaman pandemi Covid-19. Kita perlu memenangkan pertarungan di tengah kondisi yang ada,” ujar Bima didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyebutkan, di peringatan Hari Pahlawan ini ia mengajak semua untuk mengenang dan mengingat kembali masa-masa perjuangan zaman dahulu serta diharapkan menjadi motivasi bagi semua elemen bangsa Indonesia.

“Setiap elemen bangsa setiap tahun harus berjuang, cuma zaman dan apa yang diperjuangkan jelas berbeda. Pada intinya kita harus mengabdi bagi bangsa, negara dan masyarakat Indonesia,” kata Syarifah.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ini, Brigadir Dinny Noviani dari Polresta Bogor Kota membacakan pesan dan kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional, diantaranya Mohammad Yamin, Pattimura, Bung Tomo, Soekarno, Bung Hatta, Cut Nyak Dien, Mohammad Hatta dan RA Kartini.

“Jatuh bangunnya negeri ini, sangat bergantung kepada bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambaran seuntai pulau di peta”

“Jangan mengharapkan respek bangsa lain terhadap bangsa ini bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan ibu pertiwi,” kata salah satu pesan pahlawan nasional, Mohammad Hatta.

Menurut Sekda Syarifah, pesan yang dibacakan adalah sesuatu yang luar biasa dalam memberikan motivasi kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk mendorong rasa juang yang tinggi di tengah kondisi saat ini.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolresta Bogor Kota, Kombes. Pol Hendri Fiuser. Sedangkan Komandan Upacara, Mayor CBA Rian Gianatara dari Dandim 0606 Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota dalam peringatan upacara tersebut membacakan sambutan Menteri Sosial (Mensos), Julianri P. Batubara. Upacara diakhiri tabur bunga di makam (Red/Prokompim).

Leave a Reply