Home Bogor Raya 800 Juta Anggaran Untuk Hiburan Pada Dinas Arsip Patut dipertanyakan

800 Juta Anggaran Untuk Hiburan Pada Dinas Arsip Patut dipertanyakan

28
0

CIBINONG, (Beritasatoe.com) – Anggaran belanja jasa penyelenggara dan penyedia acara kegiatan/hiburan, dengan pagu anggaran senilai hampir 800 juta pada Satuan Kerja (Satker) Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor patut dipertanyakan.

Anggaran tersebut dianggap tak logis lantaran pemkab bogor sendiri tengah berjuang mengatasi Pandemi Covid -19.

Berdasarkan penelusuran tim media ini, anggaran tersebut bersumber dari Anggaran pendapatan belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor yang waktu penyediaannya di bulan Oktober dengan no RUP 24368307. dengan spesifikasi Belanja jasa penyelenggara dan penyedia acara kegiatan/hiburan, pendukung kegiatan lomba lomba, gebyar roadshow dan pameran perpustakaan.

Lutfhi Syam selaku Kepala dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor saat di konfirmasi melalui kontak WhatsAppnya mengatakan jika anggaran tersebut digunakan untuk Belanja jasa penyelenggara dan penyedia acara kegiatan/hiburan, ” giat lomba dilakukan secara online, terangkum dalam beberapa kegiatan,” terangnya, Jum’at (20/11).

Anggaran yang teralokasi di Satker Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor senilai hampir 800 juta tersebut sangat bertentangan dengan intruksi Presiden Joko Widodo, yang menginstruksikan agar penggunaan anggaran kerja kementerian dapat turut diarahkan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi global virus korona.

Salah satunya dilakukan dengan menahan alokasi anggaran bagi kegiatan-kegiatan perjalanan dinas maupun pertemuan-pertemuan yang tentunya harus dikurangi di saat adanya wabah tersebut.

“Anggaran-anggaran yang berkaitan dengan paket-paket perjalanan dinas dan pertemuan-pertemuan yang tidak perlu ini agar ditahan terlebih dahulu sehingga anggaran yang ada itu diarahkan sebesar-besarnya untuk menolong masyarakat, buruh, petani, nelayan, pekerja, dan usaha mikro dan kecil,” ujarnya seperti dikutip dari siaran Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden. (San)

Leave a Reply