Home Artikel/Opini Ir.Yudi SW : Nikmatnya Secangkir Kopi, Kontras dengan Segudang “PRAHARA” Petaninya Di...

Ir.Yudi SW : Nikmatnya Secangkir Kopi, Kontras dengan Segudang “PRAHARA” Petaninya Di Pegunungan

221
0

PANGALENGAN , (Beritasatoe.com) -Episode Karya Pena kali ini, kami Beritasatoe.com kutip kan, hasil sebuah pemikiran dari sosok Insinyur Pertanian (Pengamat Kopi Pangalengan), sebut saja, Ir. Yudi SW (Abah Yudi), tentang ihwal Kopi.

Melalui pertemuan rutin di Toko Kopi Pangalengan disetiap akhir Minggu, kami awak media Berita1 sajikan karya pena dia tentang kopi disini, Jum’at (27/11).

Begini Karya Pena dalam tulisan Ir. Yudi SW, sosok Pengamat Pertanian, yang peduli petani kopi Pangalengan.

Kalo kita menyadari bahwa Secangkir kopi nikmat yang kita minum hari ini merupakan berkah alam dan di dalamnya merupakan buah dari kerja keras petani-petani kopi tanpa kenal lelah.

Namun dibalik itu siapa yang tahu, begitu banyaknya tantangan, permasalahan, permasalahan, yang berhubungan dengan informasi kopi.

Sebagai warga pribumi asli Indonesia pada umumnya, yang sangat menjunjung tinggi ciri bangsa kita sebagai negara yg Agraris .. tentu kita tau dan memahami kerja keras para petani di luar sana .. yang setiap saat menjaga dan menjaga pertaniannya.

Sangatlah miris jika kita sebagai penikmat kopi masih menganggap bahwa kopi ini begitu mudah dan sederhana nya sampai ke sajian di atas meja kita.

Padahal harga segelas kopi yang harus kita bayar terlalu murah untuk sajian di tiap teguknya.

Apa bila di bandingkan dengan keberadaan mereka para petani di hutan sana yg belum tentu kita pun ingat akan keberadaan mereka.

Akan tetapi, masih banyak juga yang menganggap apa yang mereka minum adalah kopi mahal, padahal sebenarnya itu belum lah tentu seperti itu.

Jika benar ingin membuktikan minum kopi yang istimewa, lebih baik seduh sendiri, beli biji kopinya, grinder sendiri, dan rasakan profil rasa yang dihadirkan oleh kopi yang benar-benar istimewa, buah tangan kreatif para petani kopi kita.

Bersaing dengan kopi yang begitu instan di dapat .. lebih cepat untuk disajikan, dan dengan harga yang begitu cepat.

Rasa ini lah yang nantinya akan berbicara dan membedakannya.

Saat ini sudah sangat banyak para pemburu kopi dari negara manca mencari kopi-kopi dari Indonesia.

 

Reporter: Yudika

Leave a Reply