Home Bogor Raya Dua Kali Dikunjungi Jokowi, Ini Kata Camat Rumpin

Dua Kali Dikunjungi Jokowi, Ini Kata Camat Rumpin

74
1

RUMPIN, (Beritasatoe.com) – Selama dua periode menjabat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat sudah dua kali mengunjungi Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kunjungan pertama Kepala Negara ke wilayah ini dilakukan pada periode pertama pemerintahan nya tatkala meninjau peternakan sapi PT. Karya Anugerah Rumpin (KAR) di Desa Cibodas,  Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  Selasa (21/6) silam.

Saat itu, Presiden Jokowi melihat tekhnologi pembibitan sapi sebagai program jangka panjang yang diharapkan 9 sampai 10 tahun ke depan, dapat mengantarkan Indonesia menuju swasembada daging. “Yang dilihat di sini adalah proses di hulu pembibitan sapi potong dalam sebuah program jangka panjang. Kami harapkan nantinya betul-betul dapat melakukan swasembada daging sapi.” kata Jokowi, saat kunjungan nya tersebut.

Sementara kunjungan kedua dari orang nomor satu di Indonesia ini, dilakukan Jum’at (27/11/2020) untuk melihat pusat benih dan pesemaian Rumpin yang menjadi lokasi pembibitan dan dipersiapkan dan diharapkan pada tahun 2021 bisa memproduksi kurang lebih 16 juta bibit tanaman.

Presiden Jokowi mengungkapkan, bibit-bibit yang diproduksi di pusat benih dan pesemaian Rumpin, nantinya akan didistribusikan ke lokasi atau wilayah yang sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor. “Namun, selain fungsi ekologi, saya berharap agar pusat perbenihan tersebut juga akan menanam tanaman-tanaman yang memiliki fungsi ekonomi.” Ujarnya.

Dua kali kunjungan langsung Kepala Negara ke wilayah Kecamatan Rumpin, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di wilayah tersebut. Camat Rumpin, Rusliandy atas nama warga mengaku sangat bangga dan berterimakasih. “Kunjungan Bapak Presiden RI tersebut merupakan momentum sangat baik bagi masyarakat kecamatan rumpin untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan serta kesejahteraan warga dalam berbagai bidang kehidupan,” ujarnya.

Pria pemegang gelar Doktor ini mengungkapkan, Kecamatan Rumpin memiliki banyak potensi sumber daya alam unggulan serta mempunyai sumber daya manusia yang banyak serta mumpuni. Menurutnya, saat ini tinggal dilakukan pendampingan dan pembinaan saja. “Rumpin punya potensi kehutanan, perkebunan, pertanian, peternakan, pariwisata dan lainnya. Makanya saat ini, Pemerintah Kecamatan Rumpin dan Pemkab Bogor saat ini fokus dan intens dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat,” bebernya.

Rusliandy mencontohkan, salah satunya program pendampingan dan pembinaan bagi para petani dan kelompok tani yang terus dilakukan oleh para penyuluh pertanian. Didukung oleh Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Tanaman Pangan & Holtikuktura dan sebagainya, lanjutnya, para petani dan kelompok tani terus dibina dan diberdayakan guna mampu berkompetisi dalam produksi di bidang nya masing masing.

Bukti dari suksesnya program pendampingan, pembinaan dan pertanian tersebut, sambung Rusliandy, adalah produksi kopi Cijantur, sebagai kopi asli hasil perkebunan di Kecamatan Rumpin. “Saat ini, produk olahan kopi Cijantur telah dikenal baik oleh masyarakat luas dengan label kopi Rumasa atau Rumpin Punya Rasa. Begitupun produksi beras putih dan beras merah asli Rumpin. Intinya kami terus berupaya meningkatkan kemampuan warga dalam segala bidang, demi adanya kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kecamatan Rumpin.” Pungkasnya.(Rie/San).

1 COMMENT

Leave a Reply