Home Daerah Tangsel Creative Foundation menggelar Award 2020

Tangsel Creative Foundation menggelar Award 2020

24
0

TANGERANG SELATAN, (Beritasatoe.com) -Tangsel Creative Foundation (TCF) menggelar acara Tangsel Creative Award di Kandang Jurank Doank Kampung sawah Ciputat kota Tangerang Selatan, Minggu (06/12/2020)

Acara tersebut berlangsung pada 18:00 WIB sampai dengan 21:00 WIB yang bertemakan “Membunyikan Bumi”, makna dari tema tersebut adalah Pada Bulan Maret 2020 kita dihadapkan oleh virus SARS-Cov-2 yang dapat dengan mudahnya membelah dirinya lalu menghinggapi tubuh-tubuh manusia. Penularan virus ini dengan mudahnya mematikan ekonomi, tetapi tidak dengan semangat berkarya para pelaku kreatif dan komunitas yang ada di Tangerang Selatan. Sangat disayangkan, semangat berkarya tersebut tidak dibarengi oleh faktor keberpengaruhan kepada komunitas ataupun pelaku kreatif lainnya, hingga diperlukan semangat kolaborasi untuk membunyikan bumi kembali.

Sementara itu pada ajang ini dipersembahkan Piala Petir. Petir dipilih sebagai symbol semangat ala komunitas, saat aksi datang lebih cepat daripada suara. Piala petir didesain oleh pematung, Agus Widodo.

Presiden Tangsel Creative Foundation Hilmi Fabeta menjelaskan TCF sebagai wadah komunitas yang sudah berkolaborasi dengan lebih dari 130 komunitas telah melaksanakan program Tangsel Creative Awards untuk kedua kalinya semenjak terakhir di tahun 2018, acara ini di rancang per dua tahun untuk mengukur jeda pencapaian komunitas-komunitas di Kota Tangerang Selatan.

Hilmi juga menjelaskan bahwa acara Tangsel Creative Award ini dihadiri oleh berbagai macam kalangan mulai dari komunitas, pihak suwasta, pemerintah, media serta akademisi juga turut memeriahkan acara tersebut.

“Pada malam hari ini dihadiri oleh banyak sekali komunitas serta pelaku ekonomi kreatif, juga ada dari pihak swasta, pemerintah, pihak media, akademisi juga hadir. Bahkan kami mengundang mereka sebagai pembaca narator. Serta pada tahun ini ada sesi Tribute to (Almarhum) Sapardi Djoko Damono, penulis dan penyair legendaris sebagai peraih Kategori Lifetime Achievement yang berdomisili di Tangerang Selatan.

Adapun peraih pemenang Tangsel Creative Award 2020 ini diantaranya:

Komunitas Berbasis Sosial Terbaik: Komunitas Kito Rato, Komunitas Berbasis Seni Terbaik: Stand Up Indo Tangsel, Komunitas Berbasis Lingkungan Terbaik: Sekber Jeletreng, Komunitas Berbasis Sport Terbaik: Kampung Sepeda JPG, Komunitas Berbasis Edukasi Terbaik: TBM Kolong, Seniman Muda Paling Berbahaya: Mal Jufri dan Dhanbree

Karya Kreatif Terbaik: Pulang Ke Pamulang (Endah N Rhesa Venue Komunitas Terbaik: Kandank Jurank Doank, Dinas Pendukung Komunitas Terpilih : BAPENDA

Program Dinas Terobosan Terpilih: FGD Design Thinking dan Tangsel Youth Planner (BAPPEDA, Acara Komunitas Terbaik: Bintaro Design District 2018 – Inclusivity. Tokoh Paling Inspiratif Komunitas: Edi Bonetski, dan Kak Awam Prakoso.Media Pendukung Komunitas Terbaik: Tangsel Lifen , InstansiPendukung Komunitas: Sinarmas Land

Para pemenang diputuskan oleh Dewan Juri yang terdiri dari beragam unsur yaitu Andre Sumanegara (Media), Agus Grave (Seniman), Basa (Pemerintahan), Hilmi (Komunitas) dan perwakilan dari Tim Riset TCF. Adapun faktor yang dinilai adalah pencapaian komunitas selama 2 tahun terakhir serta dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat dan kota ini.

Menurut Hilmi adanya apresiasi seperti ini agar komunitas lebih bersemangat dalam berkarya dan kalaborasi lebih erat serta saling menginspirasi.

“karna adanya apresiasi seperti ini diharapkan komunitas lebih semangat untuk berkarya, yang kedua bagaimana kalaborasi bisa terjalin lebih erat antara banyak stakeholder tidak hanya komunitas, komunitas dengan pemerintah, komunitas akademisi, komunitas dengan media dan seterusnya, yang ketiga tentunya saling menginspirasi, jadi ini tidak hanya kompetisi tapi ajang saling menginspirasi”tutupnya (red/)

Leave a Reply