Home Bogor Raya Desa Kiarasari Sukajaya Gelar Deklarasi Penyelamatan Sungai dan Lingkungan

Desa Kiarasari Sukajaya Gelar Deklarasi Penyelamatan Sungai dan Lingkungan

58
0

SUKAJAYA ,(Beritasatoe.com) -Penyelamatan sungai dan pelestarian lingkungan di wilayah kecamatan Sukajaya di pelopori oleh desa Kiarasari dengan mengadakan Deklarasi untuk penyelamatan sungai dan pelestarian lingkungan (ngaruat wahangan ,ngalestarikeun alam ).

Warga kampung Cilongok gunung leutik bahu membahu membersihkan sungai Cilongok terutama warga RW 06 DUSUN 03 desa Kiarasari berkomitmen menandatangani kesepakatan bersama diatas kain putih ukuran 1 X 2 meter dan menyetujui poin poin kesepakatan sebagai berikut , :
1. Dilarang membuang sampah dan limbah ke sungai
2. Dilarang memancing pada area yang dimanfaatkan untuk pengelolaan ikan
3. Dilarang mengambil batu dan pasir di sekitar jembatan ,kecuali radius 50 meter baik ke hulu maupun ke hilir
4. Dilarang menangkap ikan dengan setrum dan racun
5. Siapapun yang dengan sengaja atau tidak sengaja akibat kelalaian dengan melanggar poin – poin diatas ,maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.
Menurut Baron Zhebastian warga desa Kiarasari yang ikut andil dalam deklarasi tersebut, tujuan deklarasi ini untuk penyelamatan sungai agar lestari dan memiliki nilai manfaat yang tinggi terutama untuk pariwisata agar bisa menjadikan pemasukan sampingan buat warga sekitarnya.

Kepala desa Kiarasari kecamatan Sukajaya AHYAR SURYADI bersama Babinsa Kiarasari DEDI dan para tokoh agama,tokoh pemuda ,serta warga yang hadir sangat antusias untuk mensukses kan acara deklarasi dan berharap agar komitmen yang telah di tanda tangani ini bisa berjalan untuk selamanya dan jangan sampai gebrakan nya hanya sekarang saja.kedepan mudah mudahan apa yang sudah dibangun oleh warga desa Kiara sari bisa terus berjalan dan mendapatkan apresiasi serta perhatian dari pemerintah. ( BEBY )

Leave a Reply