Home Bogor Raya Kabupaten Bogor Raih Kabupaten Terinovatif Dalam IGA 2020

Kabupaten Bogor Raih Kabupaten Terinovatif Dalam IGA 2020

73
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun
JAKARTA, (Beritasatoe.com) – Kementerian Dalam Negeri menggelar malam penyerahan Innovative Goverment Award (IGA) 2020. Acara yang digelar di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jum’at (18/12/2020), itu dibuka oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, dengan mengikuti Protokol Kesehatan PSBB Pandemi Covid-19, secara ketat. Acara penganugerahan ini dihadiri para kepala daerah, mulai dari gubernur hingga wali kota dan bupati, tak terkecuali Bupati Bogor hadir dalam acara tersebut.
Anugerah IGA ini, merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah. Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.
Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutan dan pengarahannya pada acara penghargaan tersebut, mengatakan bahwa IGA merupakan salah satu upaya untuk mendorong agar pemda se-Indonesia, semakin berinovasi tinggi dalam mengelola pemerintahan. “Dengan inovasi, publik semakin dilayani dengan tepat dan efisien oleh pemda. Dalam masa otda (otonomi daerah), sudah sewajarnya bahwa ‘inovasi’ merupakan kata kunci penting bagi pemda,” kata Mendagri.
Lebih lanjut, Mendagri berpesan agar dalam menyelenggarakan pemerintahan, pemda  terampil dalam mengharmonisasikan bauran antara garis kebijakan Pemerintah Pusat, dengan inisiatif daerah. Dengan demikian, efek dari inisiatif daerah, akan selalu selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat.
Mendagri juga sangat mengapresiasi kegiatan IGA 2020 ini, karena proses penilaian dilakukan secara obyektif, independen, dan dapat dipertanggungjawabkan, dengan melibatkan banyak Tim Penilai dari berbagai Instansi, Akademisi, dan Tokoh/ Pakar Inovasi Daerah.
Dalam penganugerahan tersebut Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menorehkan prestasinya di tingkat nasional, sebagai Kabupaten Terinovatif  ketiga pada Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020. Sebelumnya ditahun 2019 Pemerintah Kabupaten Bogor mendapatkan peringkat 9 sehingga ini merupakan peningkatan prestasi yang luar biasa.
Ditemui selesai menerima penghargaan Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. “Terima kasih atas dukungan dan juga kerja keras dari semua pihak, inovasi yang saya sampaikan sangat menarik perhatian juri sehingga Kabupaten Bogor Alhamdulillah mendapatkan penghargaan katagori kabupaten terinovatif,”
Beberapa kabupaten lain yang mendapatkan Kategori Kabupaten Terinovatif adalah  Kabupaten Situbondo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sumenep. (San/hms)

Leave a Reply