Home Bogor Raya Pesona Keindahan Wisata Alam Curug Ciputri di Kecamatan Tenjolaya Bogor

Pesona Keindahan Wisata Alam Curug Ciputri di Kecamatan Tenjolaya Bogor

55
0
BOGOR, (Beritasatoe.com) – Kabupaten Bogor memiliki potensi wisata alam yang sangat besar. Panorama alam pegunungan seperti yang ada di wilayah Puncak telah menjadi favorit para wisatawan dari dahulu hingga saat sekarang. Selain puncak, wilayah lainnya di Kabupaten Bogor tidak sedikit pula yang memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata alam pilihan masyarakat, salah satu wilayah dengan jumlah tujuan wisata alam yang tersebar cukup banyak adalah yang berada di Kabupaten Bogor bagian barat.

Panorama alam pegunungan serta banyaknya air terjun sangat menjanjikan untuk dijadikan tempat melepas penat dan menenangkan pikiran. Berbagai tempat wisata disanapun terus berbenah dengan tujuan untuk menggaet pengunjung yang lebih banyak.

Curug Ciputri, salah satu tempat wisata alam air terjun di barat Kabupaten Bogor, tepatnya di wilayah Tenjolaya saat ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis jika dibandingkan dahulu saat dikelolah oleh koperasi. Sejak adanya peralihan pengelolaan lokasi wisata Curug Ciputri ini oleh perusahaan swasta, wajah baru lokasi wisata alam yang berada di wilayah konservasi alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, terus berbenah untuk memanjakan wisatawan yang akan berkunjung untuk menikmati alam terbuka ini.

Berbagai fasilitas mulai dari tempat ibadah berupa masjid yang cukup besar, sarana parkir kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, menara pantau, playground untuk anak-anak, telah dibangun oleh pengelola Curug Ciputri.

Akses jalan menuju lokasi Curug Ciputri, yang berintregrasi langsung dengan akses jalan utama desa Ciapus 1 menuju lokasi wisata tergolong cukup bagus, dengan terlihatnya jalan masuk menuju ke lokasi wisata telah menggunakan jalan beton. Pengunjung dapat mengakses tempat wisata Curug Putri dengan menggunakan mobil ataupun motor, waktu tempuh dari pintu tol Baranangsiang atau Sentul Selatan sekitar satu jam perjalanan bila dalam kondisi lalu lintas yang lancar.

Saat pengunjung tiba di lokasi wisata, pengunjung akan disambut gerbang atau gapura yang cukup megah, para petugas yang ramah akan mengarahkan untuk pembelian tiket dan tempat parkir kendaraan, setiap pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp 30.000 untuk dapat menikmati panorama alam pegunungan dan segarnya air terjun.

Saat awak media berkunjung ke lokasi Curug Ciputri ini, Jumat (1/1/2021), bertepatan dengan masa liburan akhir tahun, terlihat cukup banyak wisatawan, terutama yang berasal dari wilayah Jakarta. Kendaraan pengunjung terlihat cukup memenuhi area parkir, begitu juga sarana untuk berkemah atau camping ground nampak tenda-tenda yang berisi anak-anak muda maupun keluarga yang mengisi liburannya dengan berkemah di tengah hutan pinus yang rindang dan asri.
Saat ini, pembangunan sarana dan fasilitas pendukung seperti kamar mandi sampai sarana jalan masuk menuju lokasi curug masih dalam proses pengerjaan, tetapi tidak mengurangi keindahan dan sejuknya udara khas pegunungan, untuk anda yang tengah mencari destinasi wisata alam yang cukup menjanjikan, Curug Ciputri ini bisa menjadi pilihan. (Tim PWRI Bogor)

Leave a Reply