Home Daerah Petani Desa KarangRejo Keluhkan Langkanya Pupuk Subsidi

Petani Desa KarangRejo Keluhkan Langkanya Pupuk Subsidi

79
0

PESAWARAN, (Beritasatoe.com) – Para petani di Desa Karangrejo Kecamatan Negeri katon keluhkan langkanya pupuk subsidi jenis Urea yang di sampaikan langsung oleh warga Muji hartono kepada Awak Media, Sabtu (30/1/2021).

Muji hartono selaku anggota Kelompok tani ( Poktan ) setempat mengatakan, “Saya sudah tanam padi bulan desember 2020 seharusnya persiapan pupuk sudah ada, kemudian saya bertanya dengan ketua gabungan kelompok tani ( Gapoktan ) jawabannya belum dikirim dari Distributornya. Sedangkan pihak distributor menerangkan belum dikirim dari pabrik pupuk, makanya saya terpaksa beli ditempat lain dengan harga 130 Ribu per/sak.” kata Muji saat di konfirmasi Wartawan.

 

Ket : Tanaman padi petani Desa Karangrejo berharap pupuk subsidi untuk mempercepat proses pertumbuhan padi mereka (photo/dokBS)

Ditempat terpisah, Supadi salah satu anggota Kelompok Tani (Poktan) desa Karangrejo juga merasa kecewa dengan adanya keterlambatan pupuk urea subsidi. Karena terkadang kami petani tidak punya uang untuk beli pupuk, sedangkan tanaman padi harus dipupuk supaya hasilnya memuaskan,  “Ya mau enggak mau dengan terpaksa hutang pupuk di tempat lain, ” Ujar Supadi.

Ketua Gapoktan Marwoto, saat di hubungi via telp menjelaskan,”Benar, memang pada waktu petani menanam padi, pupuk terlambat datang dari pabriknya. Pihak distributor juga menunggu pengiriman pupuk dari pabrik. Tapi bagi anggota Poktan lain yang sudah mentransfer dana pupuk dua bulan sebelum tanam padi, rata-rata pupuknya sudah dikirim,” tandas Marwoto. ( Rifka )

Leave a Reply