Home Bogor Raya 150 Juta Anggaran Tenda BPBD Diduga Fiktip

150 Juta Anggaran Tenda BPBD Diduga Fiktip

141
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun
BOGOR, (Beritasatoe.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor di tahun anggaran 2020 menganggarkan belanja barang yang akan diserahkan kepada masyarakat  berupa pengadaan tenda untuk Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan pagu anggaran Rp 150.000.000,-
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Dede membenarkan adanya anggaran pembelian tenda tersebut.
Keterangan: Tenda bantuan BPBD untuk Desa Tangguh Bencana seharga lebih kurang Rp.15 juta rupiah (photo/dokBS)
“Memang benar bahwa BPBD di tahun anggaran 2020 ada kegiatan pengadaan dan pemberian bantuan tenda family ukuran 3×3 meter, tenda kerucut, yang diberikan kepada 10 desa tangguh bencana atau Destana,” kata Dede di Cibinong, Rabu (10/2).
Jadi tenda itu kata Dede merupakan bagian upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana penanggulangan bencana di tingkat masyarakat dimana masyarakat tersebut sudah kita bentuk satgas Destana,” terangnya.
Dede menambahkan adapun 10 desa yang mendapatkan bantuan  tenda tersebut antara lain adalah Desa Purwaseda (kecamatanLeuwiliang), Desa Caringin, Desa Kota Batu Ciomas, Desa Leuwinutung (Kecamatan Citeurep), Desa Cibadak (Kecamatan Sukamakmur), Desa Mega Mendung, Desa Kalisuren (Kecamatan Tajurhalang), Desa Bangun Jaya, Desa Cigudeg, Desa Karang Tengah (Kecamatan Babakan Madang) Desa Karehkel (Kecamatan Ciseeng).
Pengadaan barang berupa tenda tersebut melalui rekanan atau pihak ketiga, dan tergolong penunjukan langsung. Bahkan menurut Dede masih banyak desa yang masih memerlukannya dan akan diupayakan anggaran ditahun 2021 akan diadakan lagi pengadaan tenda dan perahu karet untuk meminimalisir korban bencana alam.
Namun sayangnya berdasarkan investigasi dan klarifikasi awak media ke beberapa desa yang disebutkan diatas, salah satu desa di kecamatan Citeureup mengaku tidak menerima bantuan tenda dari BPBD tersebut.
“Desa kami ada menerima bantuan tenda dari BPBD bukan di tahun 2020 melainkan di tahun 2019 akhir. Jadi tidak benar kami menerima bantuan tenda dari BPBD pada tahun 2020 lalu, jelas Sekretaris Desa Leuwinutug Kecamatan Citeureup, Kamis (11/02).
Saat hal ini di konfirmasi ulang ke pihak BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan selaku Kepala BPBD membantah informasi tersebut. ” Laporan di kami, desa tersebut menerima bantuan tenda di tahun 2020,” jawab Yani Hasan melalui pesan WhatsAppnya.
Patut di pertanyakan ada apa.? kok bisa data dan keterangan Kepala BPBD, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta keterangan dari pihak desa penerima tidak sinkron.
 
Hingga berita ini ditayangkan awak media masih terus melakukan klarifikasi dan investigasi lebih lanjut. (San/tim)

Leave a Reply