Home Ekonomi Fantastis, Warga Satu Desa Ini Borong 380 Mobil Baru

Fantastis, Warga Satu Desa Ini Borong 380 Mobil Baru

103
0
SURABAYA, (Beritasatoe.com) – Warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mendapat ganti untung dari pembelian tanah. Karena, di lahan mereka dibangun proyek kilang minyak dan petrokimia Grass Root Refinery (GRR) pada Januari 2020 lalu ramai-ramai melakukan aksi borong kendaraan bermotor roda empat (mobil).
Dilansir dari media JurnalisBicara.com, Tercatat sebanyak 225 penduduk warga desa sumurgeneng yang sudah menerima pembayaran ganti rugi, membeli 380 unit mobil gres. Maklum angka ganti untung yang diterima warga mencapai miliaran rupiah. Terutama warga yang memiliki tanah yang luas.

“Warga yang lahannya dibeli menjadi kaya mendadak. Mereka mendapat ganti untung sampai puluhan miliaran rupiah. Karena Pertamina membeli tanah seharga Rp 600 ribu-Rp 800 ribu ribu permeter. Keuntungan ini yang dimanfaatkan warga untuk membeli mobil,” ujarnya, Minggu (21/2/2021).

“Berdasarkan info yang kita terima, aksi borong mobil masih berlanjut hingga hari ini. Media pun memberitakan 17 unit kembali dikirim ke Desa Sumurgeneng,” terang Senator asal Jawa Timur itu.

Fenomena borong mobil yang dilakukan warga yang mendapat ganti untung dari penggusuran lahan mendapat tanggapan dari Ketua DPD RI Lanyala Mahmud Mattalitti.

Menurutnya, masyarakat yang dapat ganti untung, harus diberikan pendampingan agar mereka memiliki kemampuan mengelola keuangan. Mereka harus mengelola keuangan berdasarkan kemampuannya di bidang pertanian atau usaha pengembangan pertanian yang lebih produktif dan menguntungkan, ujarnya. (Red/JB)

Leave a Reply