Home Daerah Pembentukan Forum Kader Bela Negara di Tangerang Selatan, Sesuai Amanat UUD 1945

Pembentukan Forum Kader Bela Negara di Tangerang Selatan, Sesuai Amanat UUD 1945

266
0

TANGERANG SELATAN, (Beritasatoe.com) – Pembentukan Forum Kader Bela Negara (FKBN ) Tangerang Selatan sesuai dengan Juklak dan Juknis FKBN Pusat, dengan pemberian SK. Kepengurusan di mandatkan kepada H . Taufik MA. SE. sebagai ketua badan koordinator daerah ( Korda ) Forum Kader Bela Negara yang dilaksanakan di Tangerang Selatan pada hari Rabu, ( 03/02/2021 ) .Dan selanjutnya agar bisa mencetak kader bela negara di daerah kota Tangerang Selatan.

Tugas pertama adalah pembentukan struktur dan administrasi organisasi, selanjutnya tugas kedua adalah pelaporan pada dinas terkait dan pelantikan
Tugas ketiga adalah membentuk badan diklat kader yg kemungkinan akan di lanjutkan di teruskan pada diklat kader bela negara di pusat . Sementara pembentukan satu Pleton , pembentukan satu Kompi dan pembentukan satu batalyon akan segera di siapkan.

Amanah ini sesuai dengan
Undang Undang Dasar Tahun 1945,
Pasal 27 ayat (3) mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
Pasal 30 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usha pertahanan dan keamanan negara”
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara,Pasal 9 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara”. Selanjutnya pada ayat (2),”keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), diselenggarakan melalui,:
pendidikan kewarganegaraan,
pelatihan dasar kemiliteran secara wajib,
pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib, dan
pengabdian sesuai dengan profesi.

Insya Allah dengan di cetaknya kader – kader ini bisa mengurang krisis
Kepemimpinan di daerah.

Dengan bela negara kita mempersiapkan ketahanan dalam berbagai bidang untuk memperkuat ketahanan negara dan dapat di jadikan komando cadangan dalam mempertahankan negara . Di mana sudah di amanatkan oleh negara dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Merujuk beleid UU PSDN, yang dimaksud Komcad adalah,: sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkan, komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.

Bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap tengah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela.

Ada tiga matra dalam struktur organisasi Komcad yakni matra darat, laut, dan udara.

Demikian tugas setiap warga negara yang harus selalu siap untuk menjalankan amanah UUD 1945. (BEBY)

Leave a Reply