Home Bogor Raya Berkas 5 Tersangka Pencurian Bantalan Rel Kereta Api Ditunggu Kejari Bogor

Berkas 5 Tersangka Pencurian Bantalan Rel Kereta Api Ditunggu Kejari Bogor

126
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun

BOGOR, (Beritasatoe.com) – Polisi telah menetapkan 5 orang tersangka, termasuk Kepala Desa (Kades) Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, RI, terkait kasus dugaan pencurian rel kereta api ganda (double track) Bogor – Sukabumi. Namun hingga kini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor belum menerima berkas perkara kasus tersebut.

Kepala Kejari Kabupaten Bogor, Munaji mengungkapkan, berkas perkara pencurian rel kereta tersebut masih P-19. Ada indikasi kekurangan dalam berkas perkara yang dilimpahkan pihak kepolisian.

“Kalau memang masih P-19, ada yang belum lengkap. Tapi kalau sudah P-21, kita akan langsung kirim berkas ke Pengadilan Negeri (PN),” kata Munaji, Selasa (23/3).

Menurutnya, kasus tersebut akan ditangani oleh bagian Pidana Umum (Pidum) dari Kejari Kabupaten Bogor.

“Itu masuk Pidum, nanti akan kita cek lebih lanjut,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kades Watesjaya, RI, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus pencurian rel kereta api ganda (double track) Bogor-Sukabumi. RI diduga menjadi otak pencurian rel pada proyek transportasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Kasus pencurian besi rel kereta api ini dikabarkan terjadi di wilayah sekitar Stasiun Cigombong dan Stasiun Cicurug.

Kasatreskrim Polres Bogor AKP Handreas Adrian mengungkapkan, saat ini kasus pencurian rel tersebut memasuki tahap pemberkasan. Selain RI, ada 4 orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka yakni AS, K, S dan MR.

Menurutnya, kasus ini bermula saat kelima tersangka melakukan pertemuan dan membicarakan rencana pencurian rel kereta api di Kilometer 20+600 antara Stasiun Cigombong dan Stasiun Cicurug, pada Selasa (19/1).

“Dari hasil pertemuan tersebut para tersangka melaksanakan aksinya pada hari Kamis (21/01) tengah malam. Dalam melakukan aksinya tersebut, pelaku di ketahui oleh Petugas PT. KAI,” kata Handreas, Senin (22/3).

Tersangka RI diduga menjadi orang yang melakukan perencanaan pencurian rel kereta api tersebut. sementara tersangka lainnya menjadi eksekutor.

“Hingga saat ini Satuan Reskrim Polres Bogor masih melakukan proses penyidikan para tersangka tersebut dan telah memasuki tahap pemberkasan,” pungkasnya. (Egy)

Leave a Reply