Home Bogor Raya Wabup Iwan Setiawan Perintahkan Satgas Covid-19 Kecamatan Kolaborasi dengan Puskesmas Terkait Vaksinasi

Wabup Iwan Setiawan Perintahkan Satgas Covid-19 Kecamatan Kolaborasi dengan Puskesmas Terkait Vaksinasi

67
0
BOGOR, (Beritasatoe.com) – Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor dilaksanakan secara konvensional atau manual, yang dilakukan di Puskesmas, Gedung Tegar Beriman, GOR, dan aula yang ada di Kabupaten Bogor.
“Saya perintahkan Camat sebagai Satgas Covid-19 Kecamatan untuk bantu agar masyarakat mau melakukan vaksinasi Covid-19. Target kami setiap Puskesmas dapat mencapai 50-70 orang untuk di vaksin,” ujar Wabup.
Menurut Wabup, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Bogor akan melakukan vaksinasi dengan metode inovasi seperti drive thru maupun aplikasi online, untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan komunitas  maupun pihak swasta baik perusahaan komunikasi dan transportasi.
“Penggunaan vaksin Covid-19 rata-rata 3.000 dosis vaksin dalam sehari yang tersebar di 101 puskesmas dan 29 RS di Kabupaten Bogor. Kami akan benahi dan rapihkan dulu datanya, antara ketersediaan barang dan penggunaanya,” ungkap Iwan.
Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina menjelaskan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, untuk dosis pertama sudah tercapai 82% baik tenaga kesehatan (Nakes), pelayan publik dan masyarakat umum. Untuk dosis kedua sudah tercapai 27,2% baik pelayan publik dan masyarakat, untuk Nakes sudah mencapai 82%.
“Proses vaksinasi Covid-19 dosis kedua saat ini masih berjalan. Kita juga sedang melakukan pengecekan data di seluruh Puskesmas secara elektronik, dengan menggunakan sistem SMILE,” kata Mike.
Sementara itu, Entis Sutisna selaku LO Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar yang merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar mengungkapkan, selain menyediakan fasilitas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 seperti gedung, GOR dan aula, pelaksanaan vaksinasi berbasis inovasi seperti drive thru juga perlu dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi, agar vaksinasi covid-19 itu bisa tercapai sesuai target dan sasaran yang sudah ditentukan.
“Hari ini kami memantau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua, semua berjalan dengan baik. Dengan metode vaksinasi massal yang dilakukan Kabupaten Bogor, dan didukung sarana dan prasarana yang ada ini sudah sangat baik,” imbuhnya. (Red)

Leave a Reply