Home Daerah Panen Raya di OKU Timur, Pemprov Sumsel Sambut Baik Kebijakan Kementan RI

Panen Raya di OKU Timur, Pemprov Sumsel Sambut Baik Kebijakan Kementan RI

30
0
HPN dan HUT PWI Ke 75 Tahun

PALEMBANG, (Beritasatoe.com) – Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, potensi panen Januari-April 2021 di wilayahnya seluas 405.404 hektare dan luas panen bulan April ini mencapai 84.216 hektare.

“Harga gabah/beras memang fluktuatif meskipun ada HPP. Produksi padi kita tingkatkan dan hasilnya produksi padi di Sumsel tinggi. Ini adalah keberhasilan program Pak Menteri dan kita sangat mengapresiasinya. Untuk menjamin harga gabah saat musim panen raya, kami menyambut baik dan mengawal kebijakan Pak Menteri agar Bulog membuka selebar-lebarnya gudang agar menyerap gabah petani dengan harga sesuai HPP,” ujar Herman.

Pada panen raya padi di Kabupaten OKU Timur ini sekaligus dilakukan juga gerakan serap gabah petani. Gerakan ini mulai dilakukan Kementan sejak bulan Maret lalu sehingga kontraksi harga gabah/beras pada musim panen raya sudah diminimalisir sejak awal.

“Pada panen raya kali ini juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman kesanggupan menyerap gabah/beras petani yang dilakukan Komando Strategi Penggilingan (Kostraling), Perum Bulog, PT. RNI, dan Bank Sumsel Babel,” terang Herman Deru.

Dalam nota kesepahaman tersebut, periode April-Juni 2021 Kostraling sepakat menyerap gabah petani 4.800 ton atau setara 3.048 ton beras, PT. RNI sepakat menyerap gabah 500 ton per bulan, dan Perum Bulog menyerap gabah sebesar 80 ribu ton atau setara 50 ribu beras. Sementara Bank Sumsel Babel menyiapkan KUR untuk Kostraling guna menunjang kegiatan budidaya, penanganan panen, pascapanen, dan pengolahan hasil terpadu.

Adapun besarnya bantuan yang digelontorkan Kementan untuk Sumsel adalah senilai Rp122,6 miliar dan Kabupaten OKU Timur Rp14,9 miliar. Bantuan berupa benih, pupuk, alat mesin pertanian modern untuk pra dan pascapanen, dan bantuan lainnya. (Red/BS)

Leave a Reply