Home Bogor Raya AJOIN Hadir Dan Usung Paradigma Baru Para Pelaku Jurnalistik

AJOIN Hadir Dan Usung Paradigma Baru Para Pelaku Jurnalistik

128
0

Parung, (BERITASATOE.COM) – Sebuah perkumpulan pelaku jurnalistik (wartawan) yang menamakan diri Aliansi Jurnalis Online Internasional (Ajoin) baru saja menggelar rapat konsolidasi pembentukan struktur organisasi sekaligus silaturahmi menjelang bulan suci ramadhan.

Rapat konsolidasi tersebut dipimpin langsung Ketua Umum Ajoin, Hari Samputra Agus SH, berlangsung di salah satu tempat pengurus yang berada di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, Sabtu (10/4/2021).

Harsam, panggilan akrab Ketum Ajoin menyampaikan bahwa Ajoin lahir dan dibentuk di latar belakangi rasa keprihatinan melihat profesi wartawan yang seringkali dianggap tidak baik karena stigma negatif akibat ulah oknum wartawan.

Ket. Foto :
~ Giat konsolidasi insan jurnalis dalam wadah Ajoin yang berlangsung di wilayah Parung.

“Keberadaan kita, tentunya bertujuan mengembalikan dan menjaga marwah wartawan dengan kode etik jurnalistiknya agar lebih profesional,” ujar Hari Samputra Agus.

Hari menjelaskan, dengan Visi Misi utama menjaga marwah wartawan dan kode etik jurnalistik, Ajoin ingin meningkatkan kesejahteraan wartawan, mengembalikan nama baik profesi wartawan.

Ke depan, lanjut Hari, Ajoin akan mengadakan rekruitment anggota agar pengurusan secara lengkap terisi. Untuk susunan kepengurusan sendiri, akan kita isi berlandaskan pada kompetensi wartawan.

“Langkah ini dilakukan, tak lain hanyalah untuk mengembalikan jurnalistik kepada marwahnya,” jelas Hari.

“Di sisi lain, lanjut Hari, kita pun di samping berupaya untuk memberikan dampak positif buat masyarakat, Ajoin juga berupaya mendatangkan kesejahteraan bagi wartawannya,” imbuhnya.

Pria jebolan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini pun menambahkan, pada akhirnya penyelesaian kesejahteraan wartawan ini memerlukan beberapa faktor pendukung, salah satunya kantor hukum dan pembelajaran wartawan.

“Untuk mencapai kesejahteraan bagi wartawan tentu butuh banyak faktor pendukung. Diantaranya kami juga akan buat kantor hukum dan pelatihan jurnalistik dan lainnya. Semua itu akan kita upayakan,” tandasnya.

Ketika disinggung terkait nama internasional di Ajoin, Harsam menjelaskan bahwa pemakaian nama internasional tak lain agar Ajoin lebih terpacu untuk membuat isu lokal menjadi internasional.

“Ajoin terpacu membuat isu lokal menjadi internasional karena bicara online artinya sudah tidak ada batas lokal bahkan global. Dan kami akan buat permodelan perkembangan pers di mulai dari Bogor dengan konsep jurnalistikpreuner.” pungkasnya.

Di tempat yang sama, MJ Fahri salah satu inisiator berdirinya Ajoin mengatakan bahwa kecerdasan media, harus mampu memainkan isu lokal memjadi global atau sebaliknya.

“Ajoin ini didirikan untuk memaksimalkan potensi wartawan yang tergabung di dalamnya, jadi kita harus bisa membangun industri jurnalistik dan jurnalistik society,” ucapnya.

Fahri yang juga Ketua Forum Wartawan Harian Bogor Utara (FWHBU) ini mengungkapkan, Ajoin memerlukan konsultan di dalamnya, karena Industri media itu pastinya memerlukan sistem pendukung, seperti konsultan hukum, ekonomi, atau konsultan kesehatan. Dengan tujuan memberikan bantuan kepada masyarakat, mulai dari membangun penghubung keperluan masyarakat dan keperluan lainnya.

Menurut Fahri, ke depan Ajoin akan memulai langkah konkrit dengan membuat kantor hukum agar mampu membantu insan pers atau masyarakat sekalipun yang tertimpa kesulitan.

“Dalam hal ini, tentu saja wartawan bisa bermanfaat untuk masyarakat melalui relasi yang sudah terbangun.” tukasnya. (Rie)

Leave a Reply