Home News LBP2 Cimahi Dukung Ujian Akhir Kelas IX SMP/MTs Dilaksanakan

LBP2 Cimahi Dukung Ujian Akhir Kelas IX SMP/MTs Dilaksanakan

45
0

Kota Cimahi, (BERITASATOE.COM) – Ujian akhir untuk siswa kelas 9 SMP/MTs yang akan dilaksanakan mulai hari Senin 29 April 2021, dimana kondisinya masih dalam situasi pandemi covid-19. Kemungkinannya akan dilaksanakan secara online.

Hal itu mendapat sorotan dari Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Kota Cimahi Prov. Jabar. Dadan Sambas, SIP, yang menghubungi kami tadi pagi lewat telpon seluler, Jum’at (23/4/2021).

Berikut ungkapan dan pandangan Ketua LBP2 Cimahi yang disampaikan kepada kami, Tim media BERITASATOE.COM

“Ujian akhir siswa kelas IX ini tetap harus dilakukan meskipun masih dalam masa pandemi covid-19” ucap Dadan diawal pembicaraannya dengan Kami.

“Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan output yang optimal bagi seluruh siswa sebagai bekal guna melanjutkan ke jenjang berikutnya, baik ke SMA, MA maupun SMK” ujarnya sebagai dukungan.

“Hasil yang optimal ini tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai, perlu sinergitas seluruh komponen pendidikan, baik sekolah, orang tua dan pemerintah ” jelasnya

Lebih lanjut, Dadan menjelaskan.

Bahwa pelaksanaan ujian secara online tetap menjadi sebuah tantangan dengan berbagai macam permasalahan yang harus dicarikan solusinya secara bersama-sama.

Baik masalah peralatan berupa hp atau gadget, geografi wilayah yang berhubungan dengan jaringan sampai pada beban biaya kuota yang dikeluarkan.

Menurut Dadan. Dengan adanya keleluasaan penggunaan dana BOS. Dadan berharap bisa menjadi salah satu solusi guna memecahkan permasalahan yang ada, disamping peranan orang tua dan pemerintah.

Rasa empati, jiwa peduli dan jiwa berbagi dapat menjadi dasar guna memberdayakan peranan orang tua dalam satu lingkungan pendidikan dengan wadah Komite Sekolah sehingga bisa ikut andil menjadi pemecah permasalahan, papar Dadan menegaskan

Diakhir pembicaraan Dadan menyampaikan harapannya.

“Kami berharap. Dalam hal ini pemerintah berperan dalam mengeluarkan sistem dan peraturan” harap Dadan.

“Hal itu sangat berguna dalam menentukan payung hukum yang jelas dengan dasar keadilan dan pemerataan secara keseluruhan dalam dunia pendidikan ” pungkas Dadan diakhir wawancaranya.

Reporter : Yudika/Hery Azizi

Leave a Reply