Home Bogor Raya Hermina : JKN-KIS Jadi Solusi Biaya Pengangkatan Tumor Rahim Saya

Hermina : JKN-KIS Jadi Solusi Biaya Pengangkatan Tumor Rahim Saya

35
0

 

Cibinong, (BERITASATOE.COM) – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Sejak adanya Program JKN-KIS di tengah masyarakat banyak yang terbantu terkait biaya pelayanan kesehatan dan merasakan manfaatnya. Hal tersebut yang dirasakan Hermina Sidauruk (49) warga Kampung Tarikolot, Citereup.

“Puji Tuhan ada Program JKN-KIS dari pemerintah jadi biaya berobat saya ditanggung semua. Awalnya saya keluhkan sakit kepala sudah bertahun-tahun sampai terkendala aktifitas sehari-hari. Saya juga sering mengalami sakit di bagian perut, cepat capek dan lemas. Kerabat menyarankan untuk berobat namun saya khawatir gak sanggup tanggung biaya pengobatan,” ujar Hermina, Selasa (20/04).

Karena sudah tidak tahan dengan keluhannya, akhirnya Hermina memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas Citereup. Sebelumnya, ia mengira sakit yang dialami akibat penyakit maag yang kambuh. Namun setelah dilakukan pemeriksaan dokter merujuk pasien ke rumah sakit. Ia mengikuti prosedur pelayanan JKN-KIS sampai tindakan operasi tanpa mengeluarkan biaya.

“Sudah 2 tahun yang lalu di bulan September saya mendapatkan rujukan ke RSUD Cibinong, ternyata sakit di bagian perut saya diakibatkan tumor rahim. Dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi pengangkatan tumor. Saya takut operasi besar seperti ini gak ditanggung JKN-KIS. Tapi ternyata tidak, saya bersyukur Program JKN-KIS menjamin semua biaya pengobatan saya,” tambah Hermina.

Hermina mengungkapkan rasa syukurnya kepada tim Jamkesnews berkat Program JKN-KIS ia dapat sembuh dari tumor rahim tanpa mengeluarkan biaya. Ia terdaftar pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD  yang iurannya ditanggung pemerintah daerah. Walaupun begitu pelayanan yang ia dapatkan baik tanpa membedakan dengan jaminan lain.

“Memiliki pengalaman pelayanan yang baik saya berencana merubah segmen kepesertaan saya kalau kondisi ekonomi sudah membaik, karena saya termasuk yang mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS. Saya harap masyarakat yang tergolong mampu dapat rutin lakukan pembayaran iuran setiap bulan untuk membantu pasien lain yang membutuhkan,” lanjut Hermina.

Hermina mengatakan jika biaya pengobatan tidak dijamin, kemungkinan dirinya akan mengambil pengobatan alternatif sebagai jalan keluar. Pada penghujung wawancara ia berterima kasih kepada Program JKN-KIS karena sudah menanggung semua biaya pengobatan tumor rahim sampai sembuh.

Leave a Reply