Home Daerah Walau Situasi Masih Pandemi, Tradisi Ziarah Rutin Pada Hari Lebaran Tetap Dilaksanakan

Walau Situasi Masih Pandemi, Tradisi Ziarah Rutin Pada Hari Lebaran Tetap Dilaksanakan

56
0

Karawang. (BERITASATOE.COM) – Di tengah pandemi COVID-19, warga muslim di Karawang, tetap semangat melaksanakan tradisi ziarah kubur yang selalu dilaksanakan usai mengikuti Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

Di salah satu kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga di Dusun Margasalam Desa Karyamukti , Kecamatan Lemahabang Kab. Karawang, terlihat masih banyak warga yang berdatangan.

Dalam pantauan kami, Tim Media, terlihat ada yang sedang membersihkan makam sanak saudaranya juga ada yang sedang berdoa.

Samsudin, salah seorang warga Cikarang yang datang bersama keluarganya tampak sedang membersihkan makam dari Neneknya. Dia mengaku tetap memilih berziarah meski menyadari kalau saat ini Karawang tengah dalam masa pandemi COVID-19.

“Ziarah sudah menjadi kegiatan rutin yang selalu kami lakukan setiap tahun, biasanya sebelum lebaran kami datang membersihkan kuburan kemudian selesai sholat Jumat sekeluarga datang lagi untuk berdoa,” tutur Samsudin, Jumat (14/5/2021).

Senada dengan Samsudin, tampak juga Mulyadi warga Purwasari Karawang mengungkapkan hal yang sama.

Dia bersama keluarga tetap melakukan ziarah meskipun situasinya masih dalam situasi pandemi.

Kebiasaan berziarah menurutnya sulit ditinggalkan karena sudah sering dilakukan.

“Ziarah untuk mengirimkan doa kepada orang yang dicintai yang sudah meninggal sambil mengingat kematian dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” ucap Mulyadi.

Dilaporkan langsung oleh Tim Liputan awak Media Beritasatoe.com langsung di lokasi TPU Sirnaraga di Dusun Margasalam Desa Karyamukti Kec. Lemahabang Kab. Karawang.

Reporter : Yudika

Leave a Reply