Home Artikel/Opini Allah Ungkap Pesan-Nya dalam Gerhana Bulan

Allah Ungkap Pesan-Nya dalam Gerhana Bulan

74
0

Oleh : IDAT MUSTARI

Bandung, (BERITASATOE.COM) -Menanggapi fenomena alam berupa gerhana bulan yang terjadi pada hari Rabu 26/5/2021sekitar pukul 18.00 WIB, Idat Mustari sebagai Nara Sumber liputan keagamaan Beritasatoe.com yang juga merupakan Sosok pemerhati sosial dan keagamaan, berkenan menyampaikan ulasannya dengan tema “Gerhana Bulan, Pesan Dari-Nya”.

Berikut ulasan lengkapnya :

Hampir setiap waktu kita melihat dan mendengar berbagai peristiwa, baik peristiwa individual, sosial dan peristiwa alam.

Peristiwa Individual, adalah seperti terjadinya kematian yang dialami oleh seseorang.

Kita menyaksikan peristiwa karena dialami dan terjadi pada orang-orang yang terdekat, orang tua, adik, kakak, teman, sahabat dan tetangga.

Melihat, mendengar peristiwa kematian tentu bukan sekali, tetapi berkali-kali, namun sering kali hal itu tak menjadi ilmu dalam memperbaiki jiwa kita.

Padahal untuk peristiwa kematian, kita juga akan mengalaminya.

” _Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan. Padahal kamu ketika itu melihat. Dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu. Namun kamu tidak melihat. Maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah)? Kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar?”_ (QS: Al-Waqi’ah : 83-87).

Pandemi Covid-19 adalah peristiwa sosial yang nyata, bukan saja kita mendengar tetapi kita rasakan sendiri sekarang.

Covid-19 memicu petaka sosial, angka pengangguran semakin bertambah, perceraian meningkat, kriminalitas meninggi, dan banyak lagi peristiwa sosial yang memilukan lainnya.

Gerhana merupakan peristiwa alam semesta yang terjadi ketika benda langit, seperti bulan atau planet, bergerak ke dalam bayangan benda langit lainnya.

Terdapat dua jenis fenomena gerhana, yakni gerhana bulan dan gerhana matahari.

Menyikapi perisiwa alam ini, Rasulullah saw bersabda :

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka banyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan shalat dan bersedekahlah”

Peristiwa kematian, pandemi covid-19, dan gerhana bulan saat ini, bukan sebuah peristiwa yang berdiri sendiri atau terjadi dengan sendirinya.

Tapi ada dan terjadi karena ada yang membuat peristiwa itu yakni Allah Azza Wa Jalla.

Sungguh dalam setiap peristiwa itu selalu ada pesan Allah yang seharusnya menjentikan kesadaran kita untuk semakin bersimpuh memohon ampun kepada-Nya. Wallahu’alam.

 

Narasumber : Idat Mustari
Reporter : Yudika

Leave a Reply