Home Bogor Raya Rp.9 Miliar Dana Hibah Tahun Anggaran 2020 Diduga Menguap

Rp.9 Miliar Dana Hibah Tahun Anggaran 2020 Diduga Menguap

131
0

Gambar ilustrasi

Bogor, (BERITASATOE.COM) – Terkait dana hibah Pemkab Bogor bagi Madrasah ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebesar Rp90 Juta per sekolah di tahun anggaran 2020 diduga menjadi bancakan di Dinas terkait.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini perihal anggaran hibah tersebut tidak ada di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan Rameni
selaku Kepala Bidang (Kabid) sarana dan prasarana (sarpras) saat dikonfirmasi, “Untuk dana hibah tersebut sampai saat ini belum ada, baru sebatas wacana yang akan diadakan di tahun 2021, ujar Rameni kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (27/05/2021).

Dari hasil investigasi Tim media ini di lapangan, salah satu Kepala Sekolah (Kepsek) inisial (A) membenarkan adanya hibah tersebut, A mengatakan jika sekolahan yang dipimpinnya sudah masuk daftar sebagai penerima, namun hingga saat ini belum terealisasikan.

“Soal hibah Rp.90 Juta itu, untuk sekolahan kami betul mendapatkan bantuan, untuk tahunnya 2019 apa 2020 saya lupa. Dan ini pertama kalinya kami mendapatkan hibah,” tuturnya.

Namun kata A lagi, “terkait adanya pandemi covid-19, informasinya dana tersebut ada pemangkasan, dari Rp.90 juta menjadi Rp.45 juta, itupun hingga saat ini dana tersebut belum juga kami terima,” Jelasnya.

Guna keberimbangan informasi, media ini mencoba menggali keterangan dari beberapa sumber kepala sekolah lainnya. Alhasil beberapa sumber yang berhasil diwawancara menyatakan hal yang sama belum menerima bantuan tersebut.

Menjadi pertanyaan apakah anggaran/dana hibah tersebut memang belum cair ataukah sudah cair tapi menguap alias tidak terdistribusikan kepada pihak-pihak penerima bantuan tersebut.

Untuk itu hingga berita ini disiarkan, media ini masih terus mengumpulkan informasi dan keterangan lebih lanjut. (IB/San)

Leave a Reply