Home Daerah Warga Keluhkan Tumpukan Sampah Depan Pasar Parakan Muncang Sumedang Yang Baunya Menyengat

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah Depan Pasar Parakan Muncang Sumedang Yang Baunya Menyengat

17
0

Kab. Sumedang. (BERITASATOE.COM) – Menumpuknya sampah di pinggiran jalan pas depan pasar Parakan Muncang Kec. Cimanggung Kab. Sumedang, menimbulkan bau tak sedap yang sangat menyengat hingga banyak dikeluhkan warga yang melintas.

Pemandangan tak elok sangat mengganggu para pengguna jalan sehari-harinya, dan seolah dibiarkan dalam kesemrawutan.

Selain masalah sampah, trotoar-pun yang fungsinya diperuntukan bagi pejalan kaki malah dipergunakan jadi lahan parkir motor tak beraturan.

Salah seorang warga pengguna jalan, yakni KL (inisial) warga asal Rancaekek yang tiap hari melewati jalan tersebut, saat kami, tim media wawancarai pada Kamis (10/6/2021) mengungkapkan.

“Sangat menyayangkan jalan penghubung dua kabupaten, terlihat kumuh dengan adanya TPS dan selalu menimbulkan kemacetan setiap hari ” ungkap KL.

“Apalagi bahu jalan (trotoar) yang seharusnya buat pejalan kaki malah dipakai parkir motor” keluh KL kepada kami.

KL pun menambahkan.

“Selain jalanan macet, aroma bau tidak sedap selalu menusuk hidung ketika melewati depan pasar Parakan Muncang” ucapnya.

Sementara itu warga lainnya, BH (inisial) yang biasa mangkal di lokasi pasar, saat kami hampiri untuk diwawancarai. Dia memaparkan hal berikut.

“Kami selaku warga Cimanggung sangat menyayangkan tidak tertatanya jalan, serta pasar tradisional yang sejak lama mau dibangun tidak kunjung jadi” jelasnya.

“Apalagi pengelolaan sampah pasar yang dibuang didepan jalan raya, jelas sangat kumuh dan semrawut” imbuh dia.

Dikatakannya juga banyak kendaraan parkir di trotoar jalan ditambah kondisi jalan yang sempit menambah parah keadaan.

Selain menimbulkan kemacetan juga kondisi pasar yang berantakan, bahkan dari depan perapatan sampai gerbang kecamatan.

“Petugas yang mengangkut sampah kadang jarang datang, kalau pun datang tidak tepat waktu, juga sampah tidak diangkut sampai bersih,” beber BH.

BH juga mengatakan, bahwa tumpukan sampah akan terlihat semakin banyak hingga berceceran di pinggiran jalan ketika hari libur akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu.

Harapan-harapan dari warga yang sempat kami tanyai terungkapkan.

“Semoga pihak pemangku jabatan Kabupaten Sumedang dan pihak-pihak terkait secepatnya melaksanakan relokasi pasar tradisional Parakan Muncang” harap mereka.

“Semoga kedepannya agar lebih rapih dan tertata sebaik mungkin, agar jangan sampai trotoar buat pejalan kaki dipakai parkir sehingga nanti akan lebih rapih dan bersih terlihatnya” pungkas mereka dalam harapnya.

Reporter : Ydk/Tim Jabadar

Leave a Reply