Breaking News

Menunggu Siapa Calon Bupati Bogor dan Wacana Pembentukan Poros Baru Oleh 5 Partai Politik

BOGOR, (BS) – Pasca Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang mengatur ambang batas partai untuk pencalonan Kepala Daerah menjadi minimal 7,5 persen, Konstelasi perpolitikan baik di pusat dan di daerah terjadi banyak perubahan.

Di Kabupaten Bogor saja contohnya. Untuk Pilkada yang sudah memasuki tahap pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati di KPU, di pembukaan pendaftaran perdana hari ini, Selasa 27 Agustus 2024 belum satu partai politik pun yang mendaftarkan calon yang diusungnya.

Beberapa partai politik masih belum memastikan siapa bakal calon Bupati dan wakil Bupati yang akan mereka usung di Pilkada Kabupaten Bogor Tahun 2024 ini.

Bahkan dua kandidat kuat Calon yang sudah lama mendeklarasikan diri untuk jadi Calon Bupati Bogor yakni Ade Ruhendi atau Jaro Ade dari Partai Golkar dan Rudy Susmanto dari Partai Gerindra pun belum memastikan diri untuk mendaftar di KPU Kabupaten Bogor.

Belakangan justru beredar isyu kedua kandidat tersebut akan dipasangkan sebagai Cabup dan Wabup Bogor.
Sepertinya lobi-lobi politik masih terus berjalan.

Sebelumnya 7 partai politik yakni Gerindra, PKS, PPP, PKB Demokrat, PDIP dan PAN telah sepakat mendukung Calon Bupati dari partai Gerindra Rudy Susmanto.

Namun koalisi gemuk tersebut dikabarkan bubar pasca keputusan MK terkait aturan pilkada.
Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, kini di detik-detik terakhir jelang pendaftaran ke KPU, ada wacana beberapa partai politik di Kabupaten Bogor untuk membuat poros baru dengan mengusung Kandidat Calon Bupati sendiri.

Menurut sumber tersebut ada 5 gabungan partai politik yang jika digabungkan memiliki cukup banyak kursi di DPRD Kabupaten Bogor yang masih melakukan lobi-lobi politik untuk membuat apa yang mereka sebut dengan Poros Baru. Kelima Partai tersebut diantaranya, PPP, PKS, PKB, PDIP dan Nasdem.

Nah dengan masih begitu dinamisnya lobi-lobi yang dilancarkan petinggi partai politik di Bumi Tegar Beriman tersebut, teka-teki siapa calon Bupati dan Wakil Bupati dan partai mana pengusungnya masih terus dinantikan bukan cuma oleh para pendukungnya tapi juga oleh seluruh warga kabupaten bogor. (San/Red)