Breaking News

Rudy Susmanto Ingin Program Samisade Bisa Tingkatkan Kualitas SDM di Pedesaan

Bogor, (BS) – Ketua DPRD Sementara DPRD Kabupaten Bogor yang juga Calon Bupati (Cabup) Bogor, Rudy Susmanto, ingin menyempurnakan program bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk Desa.

Rudy berharap Bankeu Pemkab Bogor untuk Desa yang selama ini dikenal dengan program Samisade (Satu Miliar Satu Desa) bisa digunakan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan.

Saat ini, Rudy mengaku sedang mengajukan
perubahan nomenklatur program tersebut. Tujuannya agar kegiatan-kegiatan mengenai pendidikan dapat dilaksanakan langsung oleh desa melalui Program Samisade.

“Jadi kita sedang membuat sebuah kajian terkait bantuan keuangan infrastruktur desa untuk kita hapus menjadi bantuan keuangan desa. Jadi kita hapus infrastrukturnya,” ungkap Rudy, Selasa 10 September 2024 di Cibinong.

Rudy juga menjelaskan, nantinya Program Samisade bisa digunakan oleh pemerintah desa untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada warganya hingga menyandang gelar sarjana.

“Sehingga bantuan keuangan desa itu untuk beasiswa satu sarjana satu desa, yang keduanya dapat digunakan kegiatan jasa keekonomian kemasyarakatan di tingkat desa dan tentunya kajian-kajian tersebut sedang berjalan,” jelasnya.

Menurut Rudy, fokus pembangunan pada periode 2025-2030 ke arah peningkatan sumber daya manusia tersebut perlu dilakukan agar tidak hanya terfokus pada infrastruktur semata.

Terlebih, kata dia, peningkatan sumber daya manusia hari ini merupakan investasi terbaik untuk mengembangkan daerah.

“Karena investasi terbaik hari ini bukan kita punya tanah ataupun apartemen, tapi investasi terbaik hari ini adalah investasi sumber daya manusia,” tegas Rudy. (**)