Breaking News

Berikut Formasi AKD DPRD Kabupaten Bogor, Sastra Winara Ditetapkan Jadi Ketua

BOGOR, (BS) – Meski Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kabupaten Bogor periode 2024-2029 belum terbentuk, namun nama-nama yang akan menduduki kursi kepemimpinan di DPRD sudah diumumkan.

Pengumuman para calon pimpinan di DPRD itu langsung dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, pada Sabtu (14/9/24).

“Alhamdulillah untuk nama-nama calon pimpinan di DPRD Kabupaten Bogor periode 2024-2029 sudah ada, setelah kemarin ada dua partai yang belum menerima surat dari DPP,” kata Rudy Susmanto.

Rudy Susmanto menjelaskan, dari dua partai yang belum menerima surat DPP, salahsatunya ialah partai pemenang yakni Gerindra.

Rudy menyebut, saat ini DPP Gerindra sudah memberikan surat dan menunjuk Sastra Winara sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

“Untuk Ketua DPRD nya ialah Sastra Winara,” jelas Rudy.

Selain Ketua DPRD, pihaknya juga sudah menyebutkan siapa saja yang akan duduk sebagai pimpinan mulai dari Wakil Ketua satu sampai tiga dan Ketua Fraksi sesuai dengan urutan partai pemenang.

“Wakil ketua dan Ketua Fraksi juga sudah selesai,” tuturnya.

Namun, kata Rudy, untuk Ketua Komisi 1 sampai 4 saat ini masih dalam penggodokan sesuai dengan arahan partai masing-masing. Untuk penetapannya, diperkirakan akan selesai pada pekan depan oleh Ketua DPRD Sastra Winara.

“Tinggal ketua Komisi 1 sampai 4 saja yang belum rampung. Nanti itu sudah ranahnya Ketua DPRD yang baru yakni Sastra Winara,” jelas Rudy.

Nantinya, jelas Rudy, nama-nama yang disebutan dan merupakan keputusan dari DPP itu, tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari Provinsi Jabar. Selanjutnya, AKD DPRD Kabupaten Bogor akan dilantik oleh Pj Gubernur Jabar.

“Belum dilantik mereka, baru saya sampaikan dalam rapat Paripurna terkait keputusan masing-masing DPP. Selanjutnya menunggu SK Propinsi Jabar dari Gubernur untuk pelantikan,” tukasnya.

Berikut AKD DPRD Kabupaten Bogor periode 2024-2029 dari Ketua sampai Wakil Ketua:

1. Ketua DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Gerindra, Sastra Winara.

2. Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Golkar, Wawan Haikal Kurdi.

3. Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS, Kh Agus Salim.

4. Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Bogor dari PPP, Junaidi Samsudin.

Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Bogor periode 2024-2029:

1. Ketua Fraksi Gerindra, Heri Aristandi

2. Ketua Fraksi Golkar, Amin sugandi

3. Ketua Fraksi PKS, Wasto

4. Ketua Fraksi PPP, Usup

5. Ketua Fraksi PKB, Edwin Sumarga

6. Ketua Fraksi Demokrat, Ruhiyat

7. Ketua Ketua Fraksi PDI-P, Muad Khalim

8. Ketua Fraksi Nasdem, Fahirmal Fahmi.