Breaking News

Kades Ciawi Pastikan Pelaksanaan Pembangunan Mendahulukan Skala Prioritas

Ciawi, (BS) – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2025. Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor kian berwarna, dengan berbagai usulan dari warga. Bidang sosial, pendidikan, lingkungan hidup, dan kesehatan. Tidak terkecuali pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana pemerintahan desa, juga masih jadi usulan.

Kepala Desa Ciawi H. Nana Sumarna mengatakan, Dari sekian banyak usulan, semua terangkum untuk ditindak lanjuti, pada pelaksanaannya akan dilakukan dengan skala prioritas.

“Dari semua yang jadi usulan, baik pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan pasti dilaksanakan, namun dengan skala prioritas. Salah satunya usulan pembangunan infrastruktur Gedung posyandu anggur yang belum dimiliki Desa, akan jadi prioritas diatas prioritas,” katanya Rabu 09/10/2024. Disela sela acara Musrenbang di Aula Kantor Desa.

Ia juga menjelaskan, selain pembangunan infrastruktur, peningkatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), pencegahan stunting dengan penyediaan makanan bergizi pada balita, dan untuk generasi muda usulan pelatihan keterampilan beberapa bidang.

“Untuk pemberdayaan ada usulan untuk pelatihan bidang otomotif, bisnis online shop dan konten kreator. Insya Allah akan kita prioritaskan juga,” jelas Kades.

Selain itu Sambung H. Nana, masih banyak usulan yang masih jadi persoalan dalam pelaksanaan nya, “Seperti penyediaan tempat penampungan sampah, di desa Ciawi ter ken dala pengadaan lahan nya, kami pemerintah desa masih berupaya mencari lahan untuk pembangunan nya,” terang nya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Ciawi Hendi menyampaikan, Musrenbang Desa Ciawi selain rencana pembangunan infrastruktur, kesehatan, perekonomian dan sumber daya manusianya juga masuk dalam perencanaan.

“Untuk merealisasikan segala usulan warga yang masuk di musrenbang, pemerintah Desa bisa alokasikan persentase anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) sesuai aturan yang diberlakukan,” Pungkasnya. (Wan)