Breaking News

Ketahanan Pangan Desa Banjar Waru, Kembangbiakan Kambing Jadi Andalan

Ciawi, (BS) – Pemerintah Desa Banjar Waru Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor melalui kelompok ternak Kambing Banjarwaru (KABAWA), laksanakan program ketahanan pangan, penggemukan dan pengembangbiakan kambing.

Kepala Desa Banjar Waru Abdurahman menyampaikan, ketahanan pangan Desa Banjar Waru di kelola oleh Kelompok ternak KABAWA, kampung Kubang Rt. 02.Rw 09. Telah dibangun kandang berkapasitas 24 ekor kambing berikut rumah tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas Sarana Air Bersih (SAB), dapur, hingga wifi.

“Ternak kambing ini difokuskan untuk penggemukan dan pengembangbiakan. Yang mengurus kelompok petani dan peternak, karena di lokasi ini masih cukup tersedia lahan ditanami rumput pakan,” ujarnya disela acara launching ketahanan pangan Selasa 17/09/2024.

Hadir di acara tersebut, Sekretaris Camat Ciawi, Demy Kuswara, pendamping Desa Kecamatan Ciawi Hendi, dan penyuluh teknis dari UPT puskeswan wilayah II dari Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor , Dwi. Serta LPM dan pemangku wilayah Desa, dan Para kader PKK.

Sekcam Ciawi, Denny Kuswara, menyebutkan bahwa program ketahanan pangan yang dikembangkan desa Banjar Waru terdapat nilai plus

“Manfaatnya sudah bisa dirasakan untuk masyarakat meski ternak kambing baru dimulai. Ada banyak manfaat lain, suatu nilai plus yang bisa dirasakan, bukan sekedar kandang ternak kambing. Ini bisa jadi percontohan,” ucapnya.

Dwi, penyuluh UPT Puskeswan Wilayah II Disnakan Kabupaten Bogor, yang hadir dalam acara tersebut menyatakan siap melakukan pembimbingan terhadap kelompok peternak Ketapang Kabawa.

“Di dinas ada pengobatan gratis dan vaksinasi bagi ternak. Kami siap melakukan bantuan dana pendampingan. Mudah-mudahan Ketapang Kabawa ini juga bisa dikembangkan ke depannya sebagai salah satu destinasi wisata,” ujarnya diamini Pendamping Desa, Hendi. (Wan)