Home Daerah Dengan SAMISADE Jalan Kampung Siranggap-Rancabakti Dibetonisasi

Dengan SAMISADE Jalan Kampung Siranggap-Rancabakti Dibetonisasi

40
0

Bogor, (BERITASATOE.COM) – Melalui program Bupati Bogor, Satu Milyar Satu Desa (Samisade),  Pemerintah Desa (PEMDES) Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor laksanakan kegiatan betonisasi jalan Desa yang terletak di jalur Kampung Siranggap – Rancabakti.

Kepala Desa (Kades) Nanggung Muhamad Sodik menyatakan, guna mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor, kali ini pihaknya telah mengawali pelaksanaan pembangunan dari anggaran dana program Samisade tahap satu.

“Pengerjaan tersebut berupa betonisasi jalan penghubung antar kampung.” ujar Kades kepada wartawan, Selasa (21/09/2021).

Perlu diketahui lanjut Kades, dari program Samisade Pemerintah Desa Nanggung secara keseluruhan Mendapatkan anggaran sebesar 1 miliyar, dan dialokasikan untuk pembangunan jalan berdiameter 1500×3 meter, dengan tinggi 15 centimeter.

“Anggaran pembangunan jalan dengan sistem Betonisasi ini dibagi dua termin, dan Alhamdulilah Pemdes Nanggung mendapatkan bantuan anggaran sebesar 1 milyar,” ucapnya

Akses jalan jalur alternatif antara Kampung Siranggap, Rw, 04 dengan Rw, 05 Kampung Rancabakti, yang sebelumnya telah dikerjakan dengan pelebaran dan pengerasan hingga menjadi status jalan Desa.

“Pembangunan akses ini nantinya diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh masyarakat dibeberapa kampung diantaranya warga kampung Nangela dengan Kampung Banar, yang sebelumnya ketika warga hendak ke wilayah desa tetangga terpaksa memutar balik dulu,” beber Sodik.

Terpisah selaku ketua Tim Pelaksana Kegiatan memaparkan, pada tahun 2016 akses jalan itu telah dilakukan pelebaran berikut pengerasan dengan menggunakan anggaran dari bantuan provinsi (Banprov).

“Dengan sistem Padat Karya Tunai (PKT) sebanyak 40 orang warga terlibat dalam kegiatan betonisasi ini, dengan anggaran bantuan dari program Samisade, ini merupakan sebuah tindak lanjut realisasinya,” terang Ma’mur yang akrab disapa Amung.

Untuk diketahui keberadaan jalan ini salah satunya mempersingkat waktu menuju Desa Curugbitung, dan menuju wilayah Kecamatan Sukajaya,” pungkasnya.

Launching Samisade  Desa Nanggung dihadiri unsur Muspika, tokoh agama dan masyarakat.(Cenk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here