KPK Ajak Masyarakat Awasi dan Laporkan Potensi Kerugian Negara di Lingkungan Kampus

Jakarta, (BS) – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengajak masyarakat mengawasi dan melaporkan potensi kerugian negara serta penyalahgunaan wewenang di lingkungan kampus lewat aplikasi JAGA Kampus. Hal ini disampaikannya dalam Acara Peluncuran Aplikasi JAGA Kampus hari ini (23/02) yang diselenggarakan secara virtual.

“KPK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan platform jagakampus.go.id. Masyarakat bisa memberikan masukan dan laporan terkait tata kelola pendidikan, tata kelola pengabdian, tata kelola keuangan, tata kelola aset kampus dan lainnya, yang sekiranya dikelola dengan tidak berintegritas. Masyarakat yang melapor tidak perlu takut karena KPK akan menjaga kerahasiaan identitas pelapor sehingga tidak akan menimbulkan kerugian bagi pelapor,” jelas Ghufron.

Platform jagakampus.go.id yang diluncurkan memuat beragam data dan informasi seputar dunia pendidikan termasuk menyediakan data keuangan perguruan tinggi. Ghufron berharap, selain menjadi sarana keterbukaan informasi untuk dimanfaatkan oleh para siswa, mahasiswa, orang tua siswa, tenaga pengajar, serta masyarakat yang terkait dengan kampus, jagakampus.go.id juga bisa memberikan iklim dunia pendidikan yang berintegritas.

“KPK berharap, Jaga kampus bisa melahirkan kampus berintegritas, kemudian melahirkan alumni sarjana, doktor, yang juga berintegritas, sehingga tidak ada potensi merugikan negara dan antikorupsi,” ujar Ghufron.

Agar harapan itu tercapai, Nurul Ghufron menjelaskan bahwa KPK tidak akan berjalan sendiri dalam mengelola laporan masyarakat. Setiap masukan dan laporan akan diteruskan kepada pihak terkait untuk ditindaklanjuti. Dalam hal jagakampus.go.id, KPK akan meneruskan ke Kemendikbud Ristek, Badan Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan institusi terkait lainnya.

Peluncuran Aplikasi JAGA Kampus yang disiarkan melalui saluran Youtube KPK ini juga dihadiri oleh Menteri Dikbud Ristek Nadiem Makarim. Dalam sambutannya, Nadiem mengapresiasi adanya platform yang membantu mencegah korupsi di dunia pendidikan.

“saat ini kami tengah mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Sejauh ini, sudah ada 16 Perguruan tinggi yang menjadi PTNBH. Perguruan tinggi yang menjadi PTNBH akan memiliki otonomi yang lebih besar untuk pengelolaan pembelajaran maupun manajemen kampusnya. Sehingga harus lebih bertanggung jawab, transparan, dan berintegritas,” kata Nadiem

JAGA Kampus menampilkan profil perguruan tinggi, informasi dosen, mahasiswa, anggaran, serta pemasukan dan pengeluaran PTNBH. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PTNBH.

Nadiem pun berharap agar rektor dan dosen Perguruan tinggi dapat membantu mewujudkan dunia kampus yang berintegritas. Salah satunya dengan merancang mata kuliah antikorupsi.

“Untuk mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi, bisa dimulai dari kampus yang bersih, transparan, dan akuntabel. Mari bergerak serentak,” ujar Nadiem.

Jaga.id sebagai platform pencegahan korupsi yang diinisiasi oleh KPK, memiliki komitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan partisipasi publik guna mendorong keterbukaan pada kementerian, lembaga, dan pemerintah. (Ian)

Respon (197)

  1. 🌌 Wow, this blog is like a cosmic journey launching into the universe of endless possibilities! 💫 The thrilling content here is a captivating for the mind, sparking curiosity at every turn. 🎢 Whether it’s lifestyle, this blog is a goldmine of exciting insights! #MindBlown Embark into this thrilling experience of knowledge and let your imagination soar! 🚀 Don’t just enjoy, experience the excitement! #BeyondTheOrdinary Your mind will thank you for this exciting journey through the worlds of endless wonder! 🌍

  2. 💫 Wow, this blog is like a fantastic adventure soaring into the universe of excitement! 🌌 The captivating content here is a captivating for the mind, sparking excitement at every turn. 🌟 Whether it’s inspiration, this blog is a goldmine of exciting insights! #AdventureAwaits Dive into this exciting adventure of knowledge and let your mind fly! 🚀 Don’t just enjoy, immerse yourself in the excitement! #BeyondTheOrdinary 🚀 will thank you for this exciting journey through the dimensions of endless wonder! 🌍

  3. 🚀 Wow, this blog is like a rocket launching into the universe of wonder! 🌌 The captivating content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking curiosity at every turn. 💫 Whether it’s technology, this blog is a source of exciting insights! #MindBlown 🚀 into this cosmic journey of discovery and let your mind fly! 🌈 Don’t just read, savor the thrill! 🌈 Your mind will be grateful for this thrilling joyride through the worlds of endless wonder! 🌍

  4. 🌌 Wow, this blog is like a rocket blasting off into the universe of endless possibilities! 🎢 The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking awe at every turn. 🎢 Whether it’s technology, this blog is a treasure trove of exciting insights! #InfinitePossibilities Dive into this thrilling experience of discovery and let your mind soar! ✨ Don’t just read, savor the excitement! #FuelForThought Your brain will be grateful for this thrilling joyride through the realms of awe! ✨

  5. Congratulations on your incredible gift for writing! Your article is an engaging and enlightening read. Wishing you a New Year full of achievements and happiness!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *