Operasi KPLP Tanjung Uban Bantu, Periksa Kapal Asing Berbendera Malaysia

KEPRI, (BS) – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban melaksanakan pemeriksaan terhadap kapal asing berbendera Malaysia dan membantu evakuasi penumpang kapal yang kandas saat melaksanakan giat Patkesmar (Patroli Keselamatan Pelayaran) di perairan Batam. Informasi awal adanya kapal asing yang mencurigakan tersebut didapat dari Batam VTS dan petugas ASDP Telaga Punggur.

Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian mengungkapkan giat tersebut dilaksanakan oleh kapal patroli KN. Sarotama-P.112.

“Saat sedang Patkesmar, kami mendapat informasi dari Batam VTS dan melaksanakan pemeriksaan kapal terhadap kapal MS Carla berbendera Malaysia yang sedang berlabuh jangkar di alur pelayaran perairan batu selat Singapore,” ujarnya, Kamis(14/4).

Dari hasil pemeriksaan Tim Boarding Officer KN. SAROTAMA-P.112 didapati bahwa kapal MS Carla yang berlayar dari port Klang pada tanggal 08 april 2022 sekitar pukul 23.50 WIB dengan tujuan Batam (ASL) untuk melaksanakan docking dan pada tanggal 11 April 2022 pukul 11.50 WIB MS Carla mengalami trouble mesin induk turbo mengalami kepanasan dengan tempratur 500° di sekitar selat singapore dan lego jangkar di sekitar perairan batu berhenti.

“Tim Boarding Officer KN. Sarotama-P.112 melakukan koordinasi dengan pihak Batam VTS untuk memastikan bahwa tidak ada jenis pelanggaran yang dilakukan oleh kapal MS Carla dan akan di arahkan untuk ke area lego jangkar di perairan Batu Ampar,” ujar Capt. Handry.

Di hari yang sama, Capt Handry mengungkapkan telah terjadi musibah kapal KMP Tanjung Burang yang kandas pada kordinat 01° 04 .252N -104 °09.579E di Karang Tubu perairan Tanjung Sau Kepulauan Riau.

“Patroli selanjutnya melakukan evakuasi penumpang kapal KMP Tanjung Burang yang kandas pada posisi 01° 04 .252n -104 °09.579e (karang tubu) – Kepri. Informasi awal diperoleh dari petugas ASDP Telaga Punggur adanya kapal yang sedang trouble mesin induk dan kapal KMP Tanjung Burang yang kandas tersebut,” ungkapnya.

Capt. Handry memerintahkan Kapal KN. 547 dan RIB Rescue milik Pangkalan PLP Kelas II Tg. Uban segera ke lokasi kejadian untuk mengamankan dan mengevakuasi para penumpang di kapal tersebut.

“Kapal KMP Tanjung Burang bertolak dari pelabuhan Punggur menuju Pelabuhan Tanjung Uban itu mengangkut jumlah penumpang 38 orang dan 35 kendaraan” lanjutnya.

Dari laporan di lapangan oleh tim KPLP Pangkalan PLP Kelas II Tg. Uban di lokasi kejadian kapal KMP Tanjung Burang yang kandas tersebut semua penumpang kapal telah berhasil di evakuasi menggunakan RIB Rescue Pangkalan PLP Kelas II Tg. Uban, 2 unit kapal pancung, dan kapal SB Bayu Indah 3.

“Dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian Alhamdulillah kapal KMP Tanjung Burang yang kandas tersebut tidak ada kebocoran dan tumpahan minyak, serta tidak ada korban luka dan meninggal”!tutup Capt. Handry. (***)

Respon (234)

  1. 💫 Wow, this blog is like a fantastic adventure launching into the galaxy of endless possibilities! 🌌 The thrilling content here is a thrilling for the mind, sparking curiosity at every turn. 🎢 Whether it’s technology, this blog is a goldmine of exhilarating insights! #MindBlown 🚀 into this thrilling experience of knowledge and let your mind roam! 🌈 Don’t just read, experience the thrill! 🌈 Your brain will be grateful for this thrilling joyride through the realms of endless wonder! 🌍

  2. 💫 Wow, this blog is like a cosmic journey blasting off into the universe of wonder! 🌌 The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the imagination, sparking curiosity at every turn. 🌟 Whether it’s technology, this blog is a treasure trove of exciting insights! #AdventureAwaits 🚀 into this cosmic journey of imagination and let your thoughts soar! ✨ Don’t just enjoy, savor the excitement! #FuelForThought Your brain will thank you for this thrilling joyride through the realms of discovery! 🌍

  3. Artikel ini fantastis! Cara klarifikasinya sungguh menarik dan sangat gampang untuk dipahami. Sudah terlihat bahwa telah banyak kerja keras dan studi yang dilakukan, yang sungguh patut diacungi jempol. Penulis berhasil membuat tema ini tidak hanya menarik tetapi juga seru untuk dibaca. Saya dengan semangat menantikan untuk melihat lebih banyak konten seperti ini di masa depan. Terima kasih atas berbagi, Anda melakukan karya yang istimewa!

  4. Marvelous article! ✨ The depth of information is commendable. Consider adding more visuals in your future articles for a more immersive reader experience. 📷

  5. Your article is excellent! The information is presented clearly, and I’m curious if you plan to add more images in your upcoming pieces. It could enhance the overall reader experience.

  6. Good job on presenting the information. To enhance its appeal, consider adding more visual elements. My website has some good ideas to consider.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *