Home Daerah Pemdes Kalong Liud Gunakan Anggaran Samisade Untuk Peningkatan Jalan Poros

Pemdes Kalong Liud Gunakan Anggaran Samisade Untuk Peningkatan Jalan Poros

129
0

Nanggung, (BERITASATOE.COM) – Program Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE) yang diterima Pemerintah Desa (PEMDES) Kalong Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, di alokasikan untuk tiga titik lokasi pembangunan, salah satunya pembangunan peningkatan jalan poros Desa yang berlokasi di Kampung Kalong Kare’es.

Kepala Desa (kADES) Kalong Liud Jani Nurjaman menuturkan, untuk program SAMISADE ini kami baru menerima sebanyak 40% dari pagu anggaran yang kami ajukan.

“Kami mengajukan anggaran sebesar satu miliar dalam program SAMISADE dan alhamdulillah sudah direalisasi, akan tetapi anggaran yang kami terima saat ini baru 40%, kemudian anggarannya di gunakan untuk tiga titik lokasi, salah satunya peningkatan jalan dengan Hotmix di kampung Kalong Kare,es, sepanjang 1008 meter, lebar 2 meter, dan itu merupakan jalan poros yang terhubung dengan Desa Babakan sadeng,” beber Jani Nurjaman kepada awak media, Kamis (13/08/2021)

Masih kata Jani, selain pembangunan jalan poros Desa, kami juga membangun saluran air di wilayah Dusun dua, guna menanggulangi terjadinya banjir ke kampung Liud.

“Kawasan kampung Liud manjadi langganan banjir ketika musim penghujan tiba, maka dari itu kami juga sekarang sedang mambangun saluran air sepanjang 500 meter, dengan tinggi 130 Cm, temboknya sengaja dibikin tinggi agar dapat menjadi tanggul saat ada banjir, nantinya ketika di musim penghujan debit air yang mengalir ke arah kampung Liud bisa terbendung sehingga tidak terjadi banjir lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut Kades mengatakan, peningkatan jalan dengan hotmix bukan hanya jalan poros desa saja, di wilayah kampung Bongas juga akan dilaksanakan peningkatan jalan penghubung.

“Pengerjaan jalan lingkungan yang menghubungkan antara Rw,09, dengan Rw, 06, sepanjang 950 meter dan lebar 2,5 meter nanti bakal dilaksanakan,” ujarnya.

Saya berharap program SAMISADE ini bisa berjalan lancar, kondusif serta berkelanjutan, agar pembangun di wilayah Desa bisa terealisasi dengan cepat, tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin khususnya, atas kepercayaannya terhadap kami dengan memberikan bantuan dana melalui program SAMISADE ini,” pungkasnya. (Cenk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here