Home Daerah Pemdes Tangkil Realisasikan SAMISADE, Utamakan PKT dan Timbulkan Swadaya Warga

Pemdes Tangkil Realisasikan SAMISADE, Utamakan PKT dan Timbulkan Swadaya Warga

28
0

Citeureup, (BERITASATOE.COM) – Pemerintah Desa Tangkil, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor tuntas melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Desa sebagai wujud realisasi anggaran bantuan Satu Desa Satu Miliar (Samisade) dari Pemkab Bogor.

Realisasi SAMISADE Tahap I dan II yang diterima pemerintah desa Tangkil senilai Rp. 996,320,000,- selesai direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 1.098 meter.

“Untuk anggaran Samisade baik tahap I dan tahap II kami Pemerintah Desa Tangkil menitikberatkan realisasinya untuk pembangunan jalan desa yang melingkupi wilayah¬† RW 01 dan RW 02,” ungkap Kades Tangkil Fikriana¬† saat ditemui di kantornya, Selasa (14/09)

Untuk Tahap 1 sebesar 40% dari total anggaran telah terbangun jalan desa sepanjang 500 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 0,05 meter. Sementara untuk tahap duanya kita meneruskan pembangunan hotmix jalan desa tersebut hingga mencapai panjang 1,098 meter, serta pemasangan Udit untuk saluran irigasi sepanjang 100 meter, imbuh Fikri.

“Karena pembangunan jalan desa tersebut semuanya hotmix, kami Pemerintah Desa bekerjasama dengan perusahaan BUMD yakni PT PPE untuk pengadaan hotmix nya, Ini sesuai anjuran Bupati Bogor Ade Yasin. Dalam pelaksanaan pekerjaan pun, kami mengutamakan Padat Karya Tunai (PKT) yakni dengan memberdayakan masyarakat sekitar dan bergotong-royong bahu-membahu bersama TPK Desa. Selain itu juga, alhamdulillah atas dasar kesadaran sendiri, ada beberapa warga kami yang ikut menyumbang swadaya dalam pembangunan jalan tersebut, sehingga volume jalan yang kami bangun melebihi apa yang kami rencanakan dalam RAB,” ungkap Fikri.

Fikri juga menambahkan, selaku pemerintah desa kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan SAMISADE dari Bupati Bogor ini, karena dengan adanya bantuan tersebut, keberlangsungan pembangunan infrastruktur di desa kami di tengah Pandemi Covid-19 ini terus berlanjut. Selama ini kan untuk pembangunan infrastruktur, kami mengandalkan dari Dana Desa (DD). Semenjak merebaknya Covid-19, dana desa itu hampir sepenuhnya dialihkan untuk penanganan Covid-19 dan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap warga yang terdampak,” papar Fikri.

Semoga dengan terbangunnya jalan desa yang memadai, diharapkan tentunya bisa meningkatkan mobilitas warga dan perekonomian masyarakat kami. ” Apresiasi kami kepada Bupati Bogor Ade Yasin yang telah memberikan bantuan SAMISADE. Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita semua bisa bangkit secara ekonomi,” pungkasnya. (San)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here