Tebing Longsor Dibangun, Warga Gadog Sumringah. Begini Respon Tomas Setempat

Haji Subhan, Tokoh Masyarakat Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk-Bogor.

BOGOR, (BS) – Tebing setinggi tujuh meter lebih di Kampung , RT 02 RW 05, Desa Cipicung, , Bogor, Jawa Barat, yang longsor sekitar setahun lalu akhirnya ditangani oleh pemerintah daerah kabupaten, melalui Program kegiatan rehabilitasi pembangunan Turap Penahan Tanah () Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Permukiman Rakyat (DPUPR) , tahun anggaran 2022.

Menurut warga, sejak longsor terjadi, kekhawatiran akan terjadinya longsor susulan selalu menghantui, terutama bagi warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi. Pasalnya kontur tanah disekitar longsoran sangat labil, terlebih di bagian sisi kanan dan kiri tebingan yang longsor sudah tampak retak – retak.

“Kekhawatiran kami terutama saat musim hujan. Apalagi rumah saya sangat berdekatan dengan lokasi longsor. Tapi dengan dibangunnya tebing yang longsor itu perasaan kami sekarang jadi jadi tenang”, ungkap Didah, Rabu (06/07/2022)

Sementara itu di lokasi yang sama, Haji Subhan, salah satu tokoh masyarakat setempat mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintah daerah kabupaten yang telah melakukan perbaikan tebingan yang longsor di wilayahnya itu.

“Saya mewakili masyarakat Kampung Gadog khususnya, sangat berterimakasih kepada pemda bogor dan perusahaan penyedia jasa kontruksi yang telah menangani tebingan yang longsor ini. Sebab jika tidak cepat ditangani kami yakin bencana serupa akan terjadi, bahkan lebih parah lagi. Kalau sampai terjadi, otomatis akses jalan hidup ini akan terputus dan pastinya akan mengganggu aktifitas warga”, paparnya.

Haji Subhan menambahkan, dalam pelaksanaan pembangunan TPT, perusahaan penyedia jaya kontruksi memberdayakan warga setempat. Baik untuk tenaga kerja maupun pengadaan bahan – bahan materialnya.

“Warga kami yang ikut kerja di proyek sebanyak lima orang. Dan suplier bahan material alamnya pun dikirim oleh warga. Jadi pemberdayaan masyarakatnya berjalan”, tandasnya.

Tambahan informasi, pembangunan Dinding Penahan Tanah di jalur Cihideung Kelewih, Kampung Balakang Gadog itu dicover oleh program DPUPR Kabupaten Bogor Tahun 2022 melalui sub kegiatan rekontruksi jalan. Dilaksanakan oleh CV. Jaya Fatih dengan dari PT. Bina Index Consult. Menggunakan dana ABPD Kabupaten Bogor sebesar Rp. 849.847.400, masa pekerjaan selama 150 hari kalender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.